Cara Mengatasi Beser pada Wanita yang Efektif

Salam pembaca setia, kita tidak bisa menyangkal bahwa perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi dalam mengalami masalah kesehatan dibandingkan laki-laki. Salah satu masalah kesehatan yang seringkali mengganggu kenyamanan perempuan adalah beser atau sering buang air kecil dalam jumlah yang banyak. Kondisi ini pastinya sangat menjengkelkan dan membuat perempuan merasa tidak nyaman dalam kegiatan sehari-hari.

Tentu saja, banyak faktor yang mempengaruhi beser pada perempuan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas secara detail cara mengatasi beser pada wanita yang dapat Anda terapkan di rumah. Mari kita mulai!

Langkah-Langkah dalam Mengatasi Beser pada Wanita

1. Perbanyak Minum Air

Ternyata, salah satu penyebab utama beser pada wanita adalah kurangnya asupan air dalam tubuh. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu meningkatkan asupan air putih harian Anda. Idealnya, seorang perempuan perlu minum hingga 8-10 gelas air setiap hari untuk menjaga kesehatan saluran kemih. Selain itu, pastikan Anda menghindari minuman yang dapat memicu dehidrasi seperti kopi, minuman beralkohol, dan minuman bersoda.

2. Reduksi Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas terbukti dapat memperburuk rasa sakit pada perempuan yang mengalami beser. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan pedas untuk mengurangi masalah dengan frekuensi buang air kecil yang berlebihan. Anda bisa memilih makanan yang lebih sehat dan mudah dicerna seperti buah-buahan dan sayuran segar.

3. Hindari Minum Minuman Berkafein Secara Berlebihan

Seperti diketahui, kandungan kafein pada kopi dan minuman berkafein yang lain dapat memicu beser atau masalah dengan frekuensi buang air kecil yang berlebihan pada perempuan. Untuk itu, hindarlah minum minuman berkafein secara berlebihan dan cobalah mengganti minuman tersebut dengan air putih, teh herbal dan lainnya.

4. Lakukan Kegiatan Olahraga yang Teratur

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk memperbaiki kesehatan saluran kemih yang mempengaruhi kondisi beser pada wanita. Dengan rutin melakukan olahraga, maka Anda dapat membantu meningkatkan peredaran darah, memperkuat otot panggul serta memperbaiki kesehatan sistem kemih secara keseluruhan.

5. Kegiatan Relaksasi

Salah satu penyebab beser pada perempuan yang sering diabaikan adalah stres. Oleh karena itu, kegiatan relaksasi seperti yoga, meditasi atau senam dapat membantu meredakan stres dan mengoptimalkan kesehatan dalam tubuh Anda secara keseluruhan. Cobalah mengalokasikan sedikit waktu setiap hari untuk melakukan kegiatan relaksasi.

6. Hindari Penggunaan Sabun Feminin yang Mengandung Zat Kimia Berbahaya

Penting untuk mengetahui bahwa penggunaan sabun feminin yang mengandung zat kimia berbahaya seperti parapen dan polietilen glikol dapat memicu masalah kesehatan pada area kewanitaan, termasuk masalah dengan frekuensi buang air kecil yang berlebihan. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan sabun feminin yang ringan dan tidak mengandung zat kimia berbahaya.

7. Hindari Pengecilan Ukuran dan Pengetatan Celana Dalam Terlalu Ketat

Pengetatan celana dalam terlalu ketat dapat mempengaruhi sirkulasi udara di area kewanitaan Anda dan memicu terjadinya masalah kesehatan seperti infeksi saluran kencing, yang dapat memicu masalah dengan frekuensi buang air kecil yang berlebihan. Oleh karena itu, cobalah untuk menggunakan celana dalam yang cukup longgar untuk memastikan sirkulasi udara tetap lancar pada area kewanitaan.

8. Gunakan Bantal Alas untuk Meringankan Beban pada Otot Panggul

Perempuan yang memiliki usia yang lebih matang atau perempuan yang telah melahirkan, biasanya mengalami masalah dengan otot panggul. Jika otot panggul Anda lemah, maka bagian tubuh ini tidak bisa menjaga kekuatan dan kontrol otot untuk buang air kecil dengan baik, sehingga memicu beser pada perempuan. Dengan menggunakan bantal alas, maka Anda dapat meredakan beban dari otot panggul sehingga mengurangi masalah dengan frekuensi buang air kecil yang berlebihan.

9. Lakukan Terapi Elektrostimulasi

Terapi elektrostimulasi pada saraf panggul dapat membantu meningkatkan kekuatan otot panggul, yang dapat membantu mengontrol beser pada wanita. Terapi ini biasanya dilakukan oleh praktisi kesehatan di rumah sakit atau klinik kesehatan yang terlatih.

10. Lakukan Kegiatan Pelatihan Otot Panggul

Sama seperti kegiatan olahraga, pelatihan otot panggul juga dapat meningkatkan kekuatan dan kontrol otot panggul, sehingga membantu mengatasi beser pada wanita. Ada banyak latihan otot panggul yang dapat Anda lakukan seperti senam kegel atau latihan otot panggul lainnya.

11. Gunakan Kata Sandi untuk Mengurangi Rasa Takut dan Kecemasan tentang Beser

Beberapa perempuan mungkin merasa minder atau takut untuk melakukan kegiatan normal seperti bekerja, berlibur atau selalu waswas tentang beser yang mereka alami. Nah, untuk mengatasi rasa takut dan cemas Anda tentang beser, gunakan kata sandi. Setiap kali Anda merasa cemas atau takut tentang beser, ucapkan kata sandi dalam hati Anda seperti “saya bisa melakukannya”, “saya siap mengatasi beser” dan lainnya.

12. Jangan Banyak Duduk

Banyak duduk terlalu lama dapat memicu beser pada perempuan, karena aktivitas duduk yang berlebihan mempengaruhi sistem kemih dan aliran darah pada area panggul. Cobalah untuk mengambil beberapa jeda saat Anda bekerja di kantor atau melakukan pekerjaan yang mengharuskan Anda untuk banyak duduk.

Tips dan Trik

1. Lakukan senam kegel secara teratur sebagai latihan otot panggul.

2. Konsumsi makanan yang kaya kandungan serat seperti buah-buahan dan sayuran segar.

3. Hindari minuman beralkohol, kopi dan minuman bersoda.

4. Rajinlah membersihkan area kewanitaan untuk meminimalisir infeksi saluran kencing.

5. Jangan pegang pipis terlalu lama karena akan memberikan tekanan pada saluran kemih.

6. Cobalah untuk berdiri atau berjalan sejenak saat Anda merasa ingin buang air kecil.

7. Konsumsi vitamin C secara teratur untuk melindungi kesehatan saluran kemih.

8. Vaksinasi HPV untuk melindungi dari kanker serviks yang berkaitan dengan kesehatan saluran kemih.

9. Lakukan posisi squatting saat buang air besar.

10. Cek ke dokter untuk mendapatkan penanganan khusus apabila masalah dengan beser berlangsung dalam kurun waktu yang lama.

Nah, itulah beberapa langkah langkah dan tips untuk mengatasi beser pada wanita. Ingatlah bahwa kesehatan selalu menjadi prioritas utama, jadi pastikan Anda memberikan perhatian khusus terhadap kesehatan saluran kemih Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selalu sehat!

Cara Mengatasi Beser pada Wanita: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Mencegah infeksi saluran kemih. Ketika wanita melakukan buang air kecil (BAK) secara teratur, infeksi saluran kemih dapat dicegah karena bakteri tidak memiliki waktu yang cukup untuk bertahan dalam sistem kemih.

2. Mengurangi risiko kanker kandung kemih. Mengosongkan kandung kemih secara teratur dapat membantu mengurangi paparan racun dalam urin yang dapat menyebabkan kanker kandung kemih.

3. Meredakan peradangan. Ketika kandung kemih terisi penuh, dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada kandung kemih dan saluran kemih. Dengan mengosongkan kandung kemih secara teratur, dapat meredakan peradangan yang mungkin terjadi.

4. Meningkatkan kualitas tidur. Sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Dengan mengosongkan kandung kemih secara teratur sebelum tidur, dapat meningkatkan kualitas tidur.

5. Meningkatkan kesehatan mental. Kandung kemih yang penuh dapat menyebabkan stres dan tidak nyaman. Dengan mengosongkan kandung kemih secara teratur, dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres.

Kekurangan

1. Gangguan aktivitas sehari-hari. Bagi wanita dengan beser yang parah, perjalanan ke kamar mandi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan membatasi aktivitas.

2. Rasanya tidak nyaman. Ketika wanita menjadi terbiasa untuk menahan buang air kecil karena tidak ada akses ke toilet, dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman.

3. Efek samping dari obat-obatan. Beberapa obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi beser, seperti antikolinergik, dapat menyebabkan efek samping seperti mulut kering dan kantuk.

4. Biaya pengobatan. Pengobatan untuk beser dapat mahal secara finansial bagi mereka yang tidak memiliki asuransi yang mencakup perawatan medis.

5. Rasa malu. Beser dapat menyebabkan rasa malu bagi wanita yang khawatir tentang bau atau suara yang dapat terjadi ketika menggunakan kamar mandi di tempat umum.

Cara Mengatasi Beser pada Wanita – FAQ

1. Apa itu beser?

Beser adalah istilah lain untuk inkontinensia urin, yaitu kondisi ketika seseorang tidak bisa menahan kencing.

2. Apakah beser hanya terjadi pada wanita?

Tidak, beser juga bisa terjadi pada pria.

3. Apa penyebab beser pada wanita?

Penyebab beser pada wanita biasanya disebabkan oleh otot panggul yang lemah atau kerusakan saraf, infeksi saluran kemih, dan ketidakseimbangan hormon.

4. Bagaimana cara mencegah beser pada wanita?

Cara mencegah beser adalah dengan menjaga kebersihan saluran kemih, tidak menahan buang air kecil terlalu lama, dan melakukan senam kegel untuk memperkuat otot panggul.

5. Apakah ada obat untuk mengatasi beser?

Ya, terdapat obat-obatan tertentu yang biasa digunakan untuk mengatasi beser.

6. Apakah senam kegel sulit dilakukan?

Tidak, senam kegel sangat mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

7. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperkuat otot panggul dengan senam kegel?

Waktu yang dibutuhkan untuk memperkuat otot panggul dengan senam kegel berbeda-beda untuk setiap orang, namun biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.

8. Apakah menghindari konsumsi minuman tertentu bisa membantu mencegah beser?

Ya, menghindari konsumsi minuman tertentu seperti alkohol, kopi, teh dan minuman bersoda dapat membantu mengurangi risiko beser.

9. Apakah operasi bisa dilakukan untuk mengatasi beser pada wanita?

Ya, operasi bisa menjadi pilihan terakhir untuk mengatasi beser pada wanita.

10. Apa saja jenis operasi untuk mengatasi beser pada wanita?

Beragam jenis operasi dapat dilakukan, di antaranya adalah operasi pemasangan alat bantu panggul, operasi pengangkatan bagian dari kandung kemih yang rusak, dan operasi pengangkatan seluruh kandung kemih.

11. Apakah beser dapat sembuh total?

Tergantung pada penyebab beser, ada kemungkinan beser dapat sembuh total setelah mengikuti pengobatan yang tepat.

12. Apakah beser bisa terjadi hanya pada saat tertentu saja?

Ya, beser bisa terjadi hanya pada saat tertentu saja, seperti saat batuk, bersin, tertawa atau melakukan aktivitas fisik tertentu.

13. Apakah beser bisa disembuhkan hanya dengan penggunaan obat-obatan?

Tergantung pada penyebab beser, dalam beberapa kasus obat-obatan saja tidak cukup untuk mengatasi beser dan terapi tambahan mungkin diperlukan.

Kesimpulan

Dalam menangani beser pada wanita, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, perbanyak minum air putih dan hindari minuman yang mengandung alkohol atau kafein. Kedua, lakukan olahraga yang teratur dan seimbang. Ketiga, konsultasikan dengan dokter ginekologi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sedangkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman selama mengalami beser, kita juga bisa mencoba mengompres atau melakukan relaksasi seperti yoga atau meditasi.

Semua cara di atas harus dilakukan secara teratur dan konsisten. Perubahan gaya hidup yang lebih sehat akan membantu mengurangi risiko beser dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Penutup

Terus terang, beser pada wanita memang tidak menyenangkan. Namun, dengan perubahan pola hidup yang tepat dan menghindari faktor risiko, kita bisa menjangkau kesehatan yang lebih baik dan mengurangi risiko beser. Oleh karena itu, mari kita jaga kesehatan dan hindari kebiasaan yang bisa memicu beser. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Comment