Cara Mengatasi “Can’t Connect to This Network” di Windows 10

Sebagai pengguna internet, kita pasti pernah mengalami masalah ketika ingin terhubung ke sebuah jaringan Wi-Fi. Salah satu masalah yang seringkali ditemukan adalah pesan error “Can’t Connect to This Network”. Pesan tersebut akan muncul ketika kita mencoba untuk terhubung ke sebuah jaringan Wi-Fi dengan menggunakan perangkat laptop maupun smartphone.

Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan, terutama ketika kita sangat membutuhkan koneksi internet tersebut. Tetapi jangan khawatir, dalam artikel kali ini akan dijelaskan 12 cara mengatasi masalah tersebut. Simaklah penjelasan berikut ini!

Langkah-langkah Mengatasi “Can’t Connect to This Network”

Langkah 1: Restart Perangkat

Restart perangkat seperti laptop atau smartphone bisa menjadi solusi yang paling mudah dan efektif dalam mengatasi masalah “Can’t Connect to This Network”. Hal ini karena adanya beberapa alasan, seperti perangkat yang mengalami gangguan, perangkat yang kehabisan daya baterai, atau masalah teknis lainnya. Dengan me-restart perangkat, maka semua perangkat lunak yang terkait dengan koneksi internet akan dimuat ulang.

Langkah 2: Periksa Koneksi Wi-Fi

Pastikan bahwa kita telah terhubung ke jaringan Wi-Fi yang benar. Terkadang kita tidak menyadari bahwa kita sedang mencoba untuk terhubung ke jaringan yang salah. Ini dapat menjadi masalah yang cukup umum, khususnya ketika kita berada di tempat umum seperti kafe atau pusat perbelanjaan yang memiliki banyak jaringan Wi-Fi.

Langkah 3: Nyalakan Kembali Modem dan Router

Coba untuk mematikan dan menghidupkan kembali modem serta router. Hal ini akan membantu mengatasi masalah ketika modem dan router mengalami kerusakan. Dengan mematikan dan menghidupkannya kembali, maka perangkat akan dimuat ulang dan kemungkinan besar masalah dapat teratasi.

Langkah 4: Periksa Keandalan Jaringan Wi-Fi

Tanyakan pada penyedia layanan internet tentang bagaimana keandalan jaringan Wi-Fi kita. Sebagian besar layanan internet biasanya menawarkan aplikasi atau alat untuk memeriksa keandalan jaringan Wi-Fi kita. Jika kita memang tidak memiliki jaringan Wi-Fi yang andal, maka akan sulit untuk terhubung ke internet.

Langkah 5: Hidupkan Kembali Hotspot Wi-Fi

Jika kita menghadapi masalah “Can’t Connect to This Network” ketika mencoba untuk terhubung ke hotspot Wi-Fi, maka cobalah untuk mematikan serta menghidupkan kembali hotspot tersebut. Hal ini akan membantu perangkat untuk dapat terhubung dengan jaringan Wi-Fi secara normal.

Langkah 6: Reset Pengaturan Jaringan Wi-Fi

Jika masalah masih berlanjut, maka coba untuk mereset semua pengaturan jaringan Wi-Fi. Caranya, buka menu “Settings” pada perangkat dan pilih opsi “Network & Internet”. Kemudian, pilih “Wi-Fi” dan tekan tombol “Forget network”. Setelah itu, tambahkan kembali jaringan Wi-Fi yang ingin kita gunakan dan coba untuk terhubung.

Langkah 7: Perbarui Perangkat Lunak

Pastikan bahwa perangkat lunak pada perangkat kita selalu diperbarui ke versi terbaru. Hal ini akan membantu memperbaiki bug dan masalah pada jaringan Wi-Fi.

Langkah 8: Periksa Aplikasi Keamanan

Jika kita menginstal aplikasi keamanan, maka beberapa aplikasi seringkali membatasi jaringan Wi-Fi yang dapat kita gunakan. Periksa aplikasi keamanan pada perangkat kita dan pastikan bahwa aplikasi tersebut tidak memblokir jaringan Wi-Fi yang kita gunakan.

Langkah 9: Batasi Perangkat yang Terhubung ke Jaringan Wi-Fi

Keterbatasan perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi juga bisa menjadi masalah. Pastikan bahwa jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi tidak melampaui batasan yang diizinkan. Batasan ini biasanya akan diberikan oleh penyedia layanan internet.

Langkah 10: Ganti Nama Jaringan Wi-Fi

Jika kita mengalami masalah “Can’t Connect to This Network” ketika mencoba untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi tertentu, maka coba untuk mengganti nama jaringan Wi-Fi tersebut. Hal ini dapat membantu perangkat untuk dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang baru.

Langkah 11: Gunakan Kabel LAN

Jika kita tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi, maka cobalah untuk menggunakan kabel LAN. Ini akan membantu kita dalam mengatasi masalah koneksi internet yang terputus dan juga dapat membantu dalam meningkatkan kecepatan internet.

Langkah 12: Periksa Kabel Jaringan

Pastikan bahwa kabel jaringan yang digunakan dalam menghubungkan modem dan router kita tidak rusak. Kabel yang rusak dapat mempengaruhi koneksi internet dan mengakibatkan masalah seperti “Can’t Connect to This Network”.

Tips dan Trik dalam Mengatasi “Can’t Connect to This Network”

Tip 1: Jaga Jarak dari Sumber Gangguan

Pastikan bahwa jarak antara perangkat dan jaringan Wi-Fi cukup jauh untuk menghindari gangguan sinyal.

Tip 2: Reset Modem dan Router Secara Berkala

Melakukan reset secara berkala dapat membantu meningkatkan kecepatan koneksi internet dan juga dapat membantu mencegah masalah koneksi internet.

Tip 3: Gunakan Aplikasi Keamanan yang Terpercaya

Pastikan bahwa kita menggunakan aplikasi keamanan yang terpercaya dan dapat diandalkan untuk membantu melindungi perangkat dari virus dan malware.

Tip 4: Gunakan Kabel LAN yang Berkualitas

Pastikan bahwa kita menggunakan kabel LAN yang berkualitas untuk menghindari masalah koneksi internet yang disebabkan oleh kabel yang rusak.

Tip 5: Hindari Terlalu Banyak Mengunduh File

Mengunduh file dengan ukuran yang besar dapat mempengaruhi kecepatan koneksi internet. Hindari mengunduh file dalam jumlah yang terlalu banyak.

Tip 6: Gunakan Jaringan Wi-Fi yang Aman

Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi yang tidak terpercaya dan selalu pastikan bahwa kita terhubung ke jaringan Wi-Fi yang aman dan terlindungi.

Tip 7: Matikan Perangkat yang Tidak Digunakan

Jika terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, ini bisa menyebabkan masalah koneksi internet. Matikan perangkat yang tidak digunakan untuk menghindari masalah tersebut.

Tip 8: Periksa Konfigurasi IP Address

Pastikan bahwa konfigurasi IP address benar dan sesuai dengan jaringan Wi-Fi yang kita gunakan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa perangkat dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi dengan benar.

Tip 9: Bersihkan File Sampah pada Perangkat

Bersihkan file sampah pada perangkat dapat membantu meningkatkan kecepatan perangkat dan juga dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat.

Tip 10: Pastikan Driver Perangkat Lunak Terbaru

Pastikan bahwa driver perangkat lunak perangkat kita selalu diperbarui ke versi terbaru untuk menghindari masalah koneksi internet yang disebabkan oleh perangkat lunak yang tidak terbaru.

Cara Mengatasi Can’t Connect to This Network: Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

1. Memperbaiki jaringan internet yang tidak terhubung dengan mudah dan cepat.

2. Tidak perlu menggunakan software khusus untuk memperbaiki jaringan yang tidak terhubung.

3. Menyediakan solusi yang mudah dan praktis bagi pengguna yang mengalami kendala koneksi internet.

4. Langkah-langkah yang cukup sederhana sehingga dapat dipahami oleh orang awam sekalipun.

5. Menghemat biaya yang mungkin akan dikeluarkan apabila memanggil teknisi untuk memperbaiki jaringan yang tidak terhubung.

6. Dapat dilakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain.

7. Mengatasi masalah jaringan internet yang tidak terhubung dengan cepat sehingga tidak mengganggu aktivitas pengguna.

8. Memperbaiki jaringan internet yang tidak terhubung tanpa harus memperbarui sistem operasi.

9. Bisa diterapkan pada berbagai jenis perangkat elektronik yang terhubung dengan internet, seperti laptop, smartphone, dan perangkat gadget lainnya.

10. Meningkatkan kualitas koneksi internet terhadap perangkat yang digunakan.

Kekurangan

1. Ada kemungkinan langkah-langkah yang diambil untuk memperbaiki jaringan yang tidak terhubung tidak membuahkan hasil.

2. Tidak dapat menyelesaikan masalah jaringan yang tidak terhubung apabila memang ada kerusakan pada perangkat keras.

3. Tentu saja, memperbaiki jaringan internet yang tidak terhubung melalui cara ini memerlukan koneksi internet yang stabil untuk mendapatkan langkah-langkah yang cukup efektif.

4. Dibutuhkan pengetahuan dasar tentang teknologi jaringan dan internet untuk dapat melaksanakan langkah-langkah yang dijelaskan dengan benar dan efektif.

5. Ada kemungkinan terjadi pembaruan sistem yang menyebabkan masalah jaringan yang tidak terhubung kembali muncul dan memperbaikinya menjadi lebih sulit.

6. Sebaiknya tidak dilakukan oleh orang yang tidak memiliki pengetahuan lebih tentang konektivitas internet agar tidak mengakibatkan masalah yang lebih parah.

7. Jika terlalu sering mengakses langkah-langkah ini, hal ini dapat mempengaruhi performa sistem dalam jangka panjang.

8. Langkah-langkah yang diambil dalam memperbaiki jaringan yang tidak terhubung mungkin berbeda-beda tergantung pada jenis perangkat elektronik yang terhubung.

9. Jika tidak berhasil, pengguna mungkin memerlukan bantuan teknisi ahli yang dapat memeriksa keseluruhan sistem dan memberikan solusi yang tepat.

10. Meskipun langkah-langkah yang dijelaskan relatif sederhana, tetapi bagi orang yang kurang familiar dengan teknologi mungkin akan sulit untuk memahaminya.

FAQ – Cara Mengatasi Can’t Connect to This Network

1. Apa yang dimaksud dengan Can’t Connect to This Network?

Can’t Connect to This Network adalah pesan kesalahan yang muncul saat kita mencoba untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi tertentu, tetapi tidak berhasil.

2. Apa penyebab umum dari pesan kesalahan Can’t Connect to This Network?

Penyebab umum dari pesan kesalahan Can’t Connect to This Network adalah masalah konfigurasi pada jaringan Wi-Fi, masalah pada perangkat keras Wi-Fi, dan masalah pada perangkat lunak pada perangkat yang mencoba untuk terhubung.

3. Bagaimana cara memperbaiki masalah konfigurasi pada jaringan Wi-Fi?

Untuk memperbaiki masalah konfigurasi pada jaringan Wi-Fi, kita bisa mencoba untuk mengatur ulang jaringan Wi-Fi atau memperbarui kata sandi Wi-Fi.

4. Bagaimana cara mengatasi masalah pada perangkat keras Wi-Fi?

Jika masalah ada pada perangkat keras Wi-Fi, coba matikan dan nyalakan kembali perangkat Wi-Fi atau coba menggunakan perangkat Wi-Fi yang berbeda.

5. Bagaimana cara mengatasi masalah pada perangkat lunak pada perangkat yang mencoba terhubung?

Jika masalah ada pada perangkat lunak perangkat yang ingin terhubung ke jaringan Wi-Fi, coba restart perangkat tersebut atau lakukan pembaruan perangkat lunak.

6. Kenapa saya tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi saya sendiri?

Penyebab umum untuk masalah ini adalah masalah pada perangkat lunak pada perangkat yang ingin terhubung atau masalah pada konfigurasi jaringan Wi-Fi.

7. Bagaimana cara mengatasi masalah ketika tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi Publik?

Coba menghapus jaringan Wi-Fi yang ingin Anda hubungkan dari daftar jaringan Wi-Fi pada perangkat Anda dan mencoba terhubung kembali.

8. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi yang memerlukan login?

Anda perlu memasukkan kredensial login ke halaman login yang ditampilkan ketika Anda mencoba untuk terhubung.

9. Apakah saya harus mematikan koneksi data seluler saat menggunakan jaringan Wi-Fi?

Tidak perlu mematikan koneksi data seluler saat menggunakan Wi-Fi, namun penggunaan koneksi data seluler terlalu sering saat menggunakan Wi-Fi bisa menurunkan kualitas sinyal Wi-Fi.

10. Bagaimana cara mengatasi masalah ketika jaringan Wi-Fi membaca tidak stabil?

Coba perbaiki jaringan Wi-Fi dengan memperbarui firmware router atau memasang penguat sinyal Wi-Fi pada jaringan Wi-Fi.

11. Bagaimana cara mengatasi masalah ketika jaringan Wi-Fi sangat lambat?

Coba perbaiki jaringan Wi-Fi dengan mengatur ulang router atau menggunakan perangkat Wi-Fi dual-band.

12. Apakah ada cara lain untuk memperbaiki masalah jaringan Wi-Fi selain yang telah disebutkan?

Ya, ada. Anda juga dapat mencoba menonaktifkan dan mengaktifkan kembali Wi-Fi pada perangkat atau mencoba metode pemecahan masalah yang disediakan oleh pengembang perangkat dan jaringan Wi-Fi.

13. Kapan saya harus meminta bantuan ahli untuk memperbaiki masalah jaringan Wi-Fi?

Saat Anda telah mencoba semua solusi yang telah disebutkan di atas namun masalah masih ada, anda bisa mencari bantuan dari ahli untuk memperbaiki jaringan Wi-Fi.

Kesimpulan

Setelah mempelajari cara mengatasi “can’t connect to this network”, kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seperti memeriksa koneksi jaringan, memperbarui driver jaringan, me-reset jaringan, dan memperbarui sistem operasi. Dengan melakukan tips-tips ini, kita bisa meningkatkan kemungkinan untuk terhubung ke jaringan tanpa masalah.

Namun, perlu diingat bahwa tidak selalu cara ini berhasil 100%. Kadang-kadang, masalah jaringan bisa terjadi dari pihak penyedia layanan atau server jaringan yang sedang bermasalah. Jika setelah melakukan tips-tips ini masih tidak berhasil terhubung ke jaringan, mungkin disarankan untuk menghubungi customer service penyedia layanan jaringan atau membawa perangkat ke tempat reparasi terdekat guna memperbaiki masalah ini.

Penutup

Sekarang sudah tahu cara mengatasi “can’t connect to this network” dan bisa lebih mudah untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, kita juga dapat mencegah masalah serupa terjadi di masa depan dengan cara melakukan beberapa langkah pencegahan seperti memperbarui perangkat lunak dan driver secara berkala, memeriksa koneksi jaringan secara teratur, dan menghindari menghubungkan perangkat ke jaringan publik yang tidak memiliki pengamanan yang memadai.

Terakhir, jangan lupa selalu berusaha untuk mengikuti tips dan saran dari ahli teknologi terkait cara terhubung dengan jaringan internet yang aman dan terpercaya. Selamat mencoba dan sampai jumpa!

Leave a Comment