Cara Mengatasi Ghost Touch pada Xiaomi

Apakah pernah terjadi pada kamu saat menggunakan Xiaomi kamu tiba-tiba layarnya menunjukkan pergerakan atau sentuhan yang tidak pernah kamu lakukan? Jika iya, maka kamu mengalami yang disebut dengan ghost touch pada layar ponsel Xiaomi. Ketika hal tersebut terjadi, tentu sangat mengganggu aktivitas kamu menggunakan ponsel ya? Nah, jangan khawatir! Kami akan memberikan kamu panduan langkah-langkah cara mengatasi ghost touch pada ponsel Xiaomi. Simak penjelasan di bawah ini!

Langkah-langkah Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi

1. Bersihkan Layar Ponsel

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan screen protector atau layar ponsel kamu. Kotoran pada layar ponsel sering menjadi penyebab ghost touch terjadi pada ponsel Xiaomi. Oleh karena itu, usahakan menjaga kebersihan layar ponsel secara teratur.

2. Gunakan Selotip Transparan

Kamu bisa menggunakan selotip transparan yang ditempelkan di bagian tepi layar. Hal ini akan membuat layar menjadi lebih sensitif dan dapat membantu menghilangkan ghost touch karena adanya insulasi.

3. Matikan Smart Gesture

Smart Gesture banyak diaplikasikan untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, seringkali keberadaannya justru menyebabkan berbagai masalah termasuk ghost touch. Kamu dapat melakukannya dengan masuk ke pengaturan, lalu cari “Additional settings” kemudian pilih “Smart assistant”. Terakhir kamu tinggal mematikan Smart Gesture agar tidak ada tangan virtual yang muncul di layar kamu.

4. Atur Tingkat Kepekaan Layar

Kamu dapat juga mengatur level kepekaan layar pada ponsel kamu. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan, pilih “Display”, lalu “Touch assistant”. Setelah itu, kamu bisa pilih opsi “Touch sensitivity” dan sesuaikan dengan keinginan kamu.

5. Ganti Case Ponsel

Ghost touch pada ponsel Xiaomi juga bisa terjadi karena case (casing) ponsel terdapat bahan berbeda yang dapat mengganggu sensitivitas layar. Cobalah untuk mengganti case ponsel yang kamu gunakan jika ada, dan lihat apakah hal itu membantu mengatasinya.

6. Restart Ponsel

Jika masalah ghost touch masih berlanjut dan berkelanjutan, maka kamu dapat mencoba untuk merestart ponsel. Terkadang hal kecil ini mampu menyelesaikan masalah yang lebih besar. Namun jika hal ini tidak membantu, kamu bisa mencoba langkah lainnya.

7. Update Sistem Operasi

Memastikan versi sistem operasi kamu selalu update juga bisa membantu mengatasi ghost touch pada ponsel Xiaomi. Cek pengaturan kamu, cari opsi “System update” dan pastikan kamu memiliki versi terbaru sistem operasi pada ponsel kamu.

8. Factory Reset

Jika semua metode di atas tidak efektif mengatasi ghost touch pada ponsel Xiaomi kamu, cobalah untuk melakukan factory reset. Meskipun tetap saja akan memakan waktu dan upaya lebih lanjut, namun ini bisa menjadi solusi terakhir yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

9. Perbarui Aplikasi

Aplikasi juga menjadi salah satu faktor penyebab ghost touch pada layar ponsel kamu. Jadi, kamu bisa mencoba untuk memperbarui atau menghapus aplikasi terkait jika memang dirasa perlu.

10. Bawa ke Service Center

Jika masalah ghost touch pada layar ponsel Xiaomi kamu terus berlanjut dan tidak kunjung membaik, yang terbaik adalah membawa ponsel kamu ke service center resmi Xiaomi untuk diperiksa oleh teknisi ahli.

11. Gunakan Aplikasi Penstabil

Solusi lain yang bisa kamu gunakan dalam mengatasi ghost touch pada layar ponsel Xiaomi adalah dengan memberikan aplikasi penstabil pada aplikasi yang umumnya menimbulkan masalah serupa. Salah satu contohnya adalah aplikasi keyboard. Kamu dapat mencoba aplikasi penstabil seperti “Touchscreen Calibration” dari Google Play Store.

12. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika segala cara di atas masih belum berhasil menghilangkan ghost touch pada layar ponsel Xiaomi kamu, maka kamu dapat mencoba beberapa aplikasi pihak ketiga seperti “Touchscreen Repair” atau “Touchscreen Booster” yang khusus diciptakan untuk membantu mengatasi masalah tersebut.

Tips dan Trik

1. Hindari penggunaan casing/bumper dengan bahan metal atau magnetik. Hal ini dapat mengganggu fungsi layar ponsel kamu.

2. Pastikan layar ponsel kamu selalu dalam keadaan bersih dan tidak terlalu banyak noda jari.

3. Aktifkan “Glove Mode” jika kamu menggunakan sarung tangan saat mengoperasikan ponsel.

4. Hindari penggunaan ponsel saat kondisi baterai 5% atau kurang. Ini dapat menyebabkan gangguan pada layar ponsel kamu.

5. Pastikan aplikasi atau game yang kamu unduh dari Play Store selalu memiliki ulasan dan rating tinggi.

6. Jangan sembarangan menghapus aplikasi bawaan ponsel Xiaomimu. Hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja ponselmu.

7. Kurangi penggunaan fitur Smart Gesture dalam pengaturan ponsel kamu.

8. Jangan mematikan ponsel secara paksa ketika menggunakan aplikasi. Ini dapat menyebabkan jaringan wifi bermasalah.

9. Pastikan kamu selalu memperbarui sistem operasi dan juga melakukan update aplikasi secara rutin.

10. Gunakan fitur pengaturan fungsi layar pada ponsel Xiaomi kamu untuk menyesuaikan level kepekaan layar. Hal ini akan mencegah ghost touch menimbulkan masalah pada layar ponsel.

Cara Mengatasi Ghost Touch Xiaomi: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Sangat efektif mengatasi masalah Ghost Touch pada Xiaomi. Dengan mengikuti panduan ini, masalah Ghost Touch pada perangkat Anda akan teratasi.

2. Metode yang mudah dilakukan tanpa harus membawa perangkat ke tempat service resmi atau membayar biaya yang mahal.

3. Tidak perlu keterampilan teknis khusus untuk mengatasi masalah Ghost Touch pada Xiaomi, hanya dengan mengikuti panduan yang tersedia, siapa pun bisa melakukannya.

4. Menghemat waktu dan biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi masalah Ghost Touch pada Xiaomi.

5. Pengguna bisa memperoleh pengalaman baru yang bermanfaat dan memperluas pengetahuan tentang perangkat Xiaomi.

Kekurangan

1. Mengikuti panduan yang tidak akurat atau tidak sesuai dengan perangkat Xiaomi Anda dapat merusak perangkat.

2. Pengguna harus berhati-hati saat melakukan perbaikan pada perangkat Xiaomi, terutama jika pengguna tidak memiliki pengalaman dalam perbaikan perangkat.

3. Pengguna mungkin memerlukan bantuan tambahan jika tidak dapat menyelesaikan masalah Ghost Touch pada perangkat Xiaomi mereka sendiri.

4. Beberapa masalah Ghost Touch pada Xiaomi mungkin membutuhkan perbaikan perangkat keras, yang tidak dapat diatasi dengan panduan ini.

5. Metode ini mungkin membutuhkan waktu dan kesabaran untuk melakukannya dengan benar.

FAQ

1. Apa itu ghost touch pada perangkat Xiaomi?

Ghost touch adalah kondisi dimana layar sentuh (touchscreen) perangkat Xiaomi secara otomatis menjalankan perintah tanpa adanya sentuhan dari pengguna.

2. Apa penyebab dari ghost touch pada perangkat Xiaomi?

Penyebab ghost touch bisa bervariasi, mulai dari masalah pada hardware, software, bahkan lingkungan. Beberapa penyebab umum adalah layar kotor, tekanan terlalu kuat pada layar, atau masalah pada sistem operasi.

3. Bagaimana cara mengatasi ghost touch pada perangkat Xiaomi?

Beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi ghost touch pada perangkat Xiaomi adalah membersihkan layar dengan kain lembut yang bersih, melakukan reset pabrik pada perangkat, atau menginstal ulang sistem operasi.

4. Apakah reset pabrik dapat mengatasi ghost touch pada perangkat Xiaomi?

Ya, reset pabrik bisa menjadi solusi untuk mengatasi ghost touch pada perangkat Xiaomi, tetapi hal ini dapat menghapus seluruh data pada perangkat, sehingga sebaiknya backup data terlebih dahulu sebelum melakukannya.

5. Apakah menginstal ulang sistem operasi perangkat Xiaomi akan mengatasi ghost touch?

Iya, menginstal ulang sistem operasi pada perangkat Xiaomi dapat mengatasi ghost touch. Namun, hal ini dapat menghapus seluruh data pada perangkat, sehingga sebaiknya backup data terlebih dahulu sebelum melakukannya.

6. Bagaimana cara membersihkan layar Xiaomi agar tidak terjadi ghost touch?

Anda dapat membersihkan layar Xiaomi dengan kain lembut yang bersih, hindari membersihkannya dengan benda kasar atau air, karena hal ini dapat merusak layar dan menyebabkan ghost touch.

7. Apakah ghost touch dapat terjadi akibat adanya perangkat tambahan yang dipasang?

Iya, perangkat tambahan seperti tempered glass atau case bisa menyebabkan ghost touch jika dipasang dengan tidak rapi atau menekan terlalu kuat pada layar Xiaomi.

8. Bagaimana cara mengetahui apakah perangkat Xiaomi mengalami ghost touch?

Jika layar perangkat Xiaomi bergerak sendiri dan menjalankan perintah tanpa adanya sentuhan dari pengguna, maka bisa dikatakan perangkat tersebut mengalami ghost touch.

9. Apakah menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat mengatasi ghost touch pada perangkat Xiaomi?

Terkadang menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat mengatasi masalah ghost touch pada perangkat Xiaomi, tetapi sebaiknya gunakan dengan hati-hati dan pastikan aplikasi tersebut terpercaya.

10. Apakah bisa mengatasi ghost touch pada perangkat Xiaomi tanpa membawa ke service center?

Ya, beberapa masalah ghost touch dapat diatasi tanpa harus membawanya ke service center. Terlebih dahulu coba membersihkan layar, restart perangkat, atau lakukan reset pabrik atau instal ulang sistem operasi.

11. Apa yang sebaiknya dilakukan jika cara-cara diatas tidak berhasil dalam mengatasi ghost touch pada perangkat Xiaomi?

Jika cara-cara diatas tidak berhasil, sebaiknya membawa perangkat Xiaomi ke service center resmi atau tempat reparasi terpercaya untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

12. Apakah mencegah ghost touch pada perangkat Xiaomi dapat dilakukan?

Memang tidak ada jaminan 100% untuk mencegah ghost touch pada perangkat Xiaomi. Namun, sebaiknya hindari untuk menekan terlalu kuat pada layar, membersihkan dengan bahan kasar, memakai perangkat tambahan yang tidak rapi, serta menjaga kebersihan lingkungan sekitar perangkat Xiaomi.

13. Seberapa sering ghost touch terjadi pada perangkat Xiaomi?

Tidak ada data resmi mengenai seberapa sering ghost touch terjadi pada perangkat Xiaomi. Namun, masalah ghost touch bisa terjadi pada perangkat yang sudah tua atau yang baru saja dibeli.

Kesimpulan

Ghost touch pada handphone Xiaomi merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pengguna. Namun, adanya beberapa cara mengatasi ghost touch Xiaomi yang sudah dijelaskan di atas dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebersihan layar dan aplikasi yang terpasang di dalam handphone. Selain itu, melakukan reset ulang dan update juga dapat membantu mengatasi masalah ini. Jika masalah tetap terjadi, sebaiknya membawa ke service center resmi Xiaomi agar dapat diperbaiki dengan tepat.

Penutup

Dalam menggunakan handphone, pastikan untuk selalu memperhatikan kebersihan layar. Jangan lupa untuk membersihkan layar secara berkala agar tidak terjadi gangguan seperti ghost touch. Jika masalah masih terjadi, cobalah beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Jangan sampai mengabaikan masalah ini karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa!

Leave a Comment