Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Sambutan Pembaca

Selamat datang di artikel kami yang akan membahas cara mengatasi hp kemasukan air! Pasti sudah pernah mengalami kejadian yang satu ini bukan? Entah sedang bermain air di kolam renang atau tiba-tiba terkena hujan deras saat sedang menggunakan ponsel. Masalah ini memang sangat menjengkelkan, apalagi jika tidak segera ditangani dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah pada hp.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan 12 langkah mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah hp kemasukan air. Selain itu, kami juga akan memberi tips dan trik yang berguna untuk mencegah terjadinya hal yang sama di masa depan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Langkah-Langkah Mengatasi Hp Kemasukan Air

1. Cabut Baterai

Langkah Pertama

Segera matikan hp dan lepaskan baterainya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah akibat adanya arus listrik yang berlebih di dalam hp. Ada beberapa model hp yang baterainya tidak dapat dilepas, dalam hal ini Anda dapat mematikan hp dan jangan mencoba menghidupkannya terlebih dahulu.

Penjelasan dan Tips

Pada umumnya, hp kemasukan air masih dapat menyala jika langsung dipindahkan ke beras atau kipas angin, namun mungkin akan lambat untuk menunjukkan reaksi. Jika tidak memiliki beras atau kipas angin, gunakan tisu atau handuk untuk mengeringkan bagian luar hp secepat mungkin.

2. Buang Air Berlebihan

Langkah Kedua

Setelah melepaskan baterai, coba keluarkan air yang terdapat di dalam hp. Anda dapat menggunakan kertas tissue atau cutton bud untuk menyerap air tersebut.

Penjelasan dan Tips

Pastikan Anda melakukan step 1 segera setelah hp kemasukan air untuk mencegah terjadinya korosi pada motherboard hp. Jangan memperbolehkan air terlalu lama tertinggal di dalam hp, karena akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

3. Keringkan dengan Kipas Angin

Langkah Ketiga

Segera angin-anginkan hp dengan menggunakan kipas angin atau blower. Hindari mengeringkan hp dengan hair dryer karena suhu yang terlalu panas dapat merusak komponen hp.

Penjelasan dan Tips

Pastikan hp disimpan dengan posisi layar ke bawah, agar air tidak terkumpul pada layar. Jangan mengeringkan hp dengan sembarang kipas angin yang terlalu kuat, sebab dapat merusak komponen lainnya.

4. Letakkan di dalam Wadah Berisi Beras

Langkah Keempat

Taruh hp yang kemasukan air di dalam wadah berisi beras, yang mampu menyerap air dari hp. Pastikan hp tertutup sepenuhnya dengan beras dan biarkan selama minimal 24 jam.

Penjelasan dan Tips

Jangan mencoba menyalakan hp terlebih dahulu saat masih dalam proses pengeringan, karena membuka hp tersebut dapat mempercepat pendinginan beras dan menekan efek penyerapan air.

5. Bersihkan dengan Alkohol

Langkah Kelima

Setelah dipastikan benar-benar kering, bersihkan hp dengan alkohol 70%. Anda dapat menggunakan cotton bud atau tisu untuk membersihkan komponen hp.

Penjelasan dan Tips

Bersihkan komponen-komponen pada hp dengan hati-hati agar tidak terlalu keras sehingga dapat menggores komponen lain. Sebelum mencoba menghidupkan hp, pastikan seluruh bagian sudah benar-benar kering.

6. Colokkan Kabel Charger

Langkah Keenam

Setelah membersihkan dan mengeringkan seluruh bagian hp, colokkan kabel charger dan tunggu selama beberapa saat sampai tanda pengisian baterai muncul.

Penjelasan dan Tips

Sumber daya eksternal seperti kabel charger dapat membantu mengaktifkan fungsi pada hp yang rusak. Jika tanda pengisian baterai tidak muncul dalam beberapa menit, maka kemungkinan hp tersebut tidak bisa dinyalakan lagi.

7. Nyalakan Hp

Langkah Ketujuh

Coba hidupkan hp Anda. Jika hp masih tidak bisa dinyalakan, coba lakukan beberapa langkah berikut ini.

Penjelasan dan Tips

Pastikan hp yang mau dihidupkan sudah benar-benar kering dan bersih terlebih dahulu. Pastikan seluruh komponen telah dipasang kembali dengan benar.

8. Hidupkan dengan Teknik Re-Flow

Langkah Kedelapan

Jika hp masih tidak bisa dinyalakan, coba lakukan teknik re-flow pada motherboard hp. Teknik re-flow memanfaatkan panas untuk mencairkan solder pada motherboard, sebagai solusi jika ada komponen yang lepas atau tidak berfungsi dengan baik.

Penjelasan dan Tips

Re-flow harus dilakukan oleh ahli service center hp yang sudah berpengalaman, karena membutuhkan peralatan yang tepat dan teknik yang benar.

9. Periksa dan Ganti Komponen Yang Rusak

Langkah Kesembilan

Jika seluruh langkah di atas tidak berhasil, maka kemungkinan ada komponen pada hp yang telah rusak. Coba periksa komponen-komponen utama pada hp dan ganti jika ada yang rusak.

Penjelasan dan Tips

Pastikan untuk membeli komponen cadangan dari toko hp yang terpercaya. Jangan mencoba mengganti komponen hp sendiri jika tidak mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

10. Bawa ke Tempat Service Center

Langkah Kesepuluh

Jika setelah melakukan seluruh langkah di atas masih tidak berhasil, bawa hp Anda ke tempat service center terpercaya. Terkadang, perbaikan yang lebih teliti dibutuhkan untuk mengatasi kerusakan yang lebih serius pada hp.

Penjelasan dan Tips

Pilih tempat service center yang mempunyai teknisi yang berpengalaman untuk menyelesaikan masalah pada hp Anda. Pastikan untuk menaruh hp Anda di tempat yang aman dan terjaga keamanan pribadinya.

11. Coba dengan Teknik Hair Dryer

Langkah Sebelas

Teknik penggunaan hair dryer sebenarnya dapat digunakan untuk menambah kecepatan pengeringan pada hp yang kemasukan air.

Penjelasan dan Tips

Namun yang perlu diingat, teknik ini harus digunakan dengan benar, tidak lebih dari 5 menit, dan tidak terlalu dekat dengan hp, untuk menghindari kerusakan pada komponen hp.

12. Jangan Coba-Coba

Langkah Keduabelas

Yang terakhir, jangan mencoba-coba menyalakan hp yang masih kemasukan air. Pastikan seluruh bagian pada hp telah benar-benar kering dan bersih sebelum mencoba menghidupkan hp kembali.

Penjelasan dan Tips

Jangan mencoba menyalakan hp yang masih kemasukan air terlalu sering. Karena semakin sering mencoba, semakin besar ketidakmampuan hp untuk hidup kembali.

Tips dan Trik

1. Jangan Biarkan Terlalu Lama

Penjelasan

Jangan biarkan hp terlalu lama dalam kondisi kemasukan air. Segera lakukan tahap pengeringan agar mencegah kerusakan yang lebih serius.

2. Lindungi Hp dengan Case Anti Air

Penjelasan

Gunakan case anti air untuk melindungi hp Anda saat berada di lingkungan yang bisa terkena air, seperti saat sedang berenang, hujan, atau wisata air.

3. Jangan Bawa Ke Tempat yang Berisiko Tinggi

Penjelasan

Hindari membawa hp ke tempat yang berisiko tinggi kemasukan air, seperti pantai, air terjun, atau area rendam. Selalu perhatikan kondisi sekitar sebelum membawa hp.

4. Gunakan Kain Khusus untuk Membersihkan Hp

Penjelasan

Gunakan kain mikrofiber khusus untuk membersihkan hp Anda, hindari menggunakannya dengan kain busa atau kain kasar yang bisa merusak layar ataupun bodi hp.

5. Gunakan Water Resistant Hp

Penjelasan

Ketika memutuskan untuk membeli hp baru, pilih hp yang tahan air atau water resistant, bukan hanya terlihat modern tetapi juga bisa menjaga hp Anda dari kemasukan air.

6. Jalankan Diagnostik Secara Reguler

Penjelasan

Jalankan diagnostik secara rutin, untuk memperhatikan kebugaran komponen hp Anda dan mencegah kerusakan sebelum terjadi.

7. Gunakan Tas Anti Air Saat Traveling

Penjelasan

Jika Anda sering traveling dan membawa hp, gunakan tas anti air atau dry bag untuk menghindari kejadian tak terduga.

8. Jangan Menggunakan Hp yang Masih Kemasukan Air

Penjelasan

Jangan menggunakan hp yang masih kemasukan air, karena selain merusak akan memberikan dampak pada kelangsungan hidup hp Anda.

9. Buat Backup Data Rutin

Penjelasan

Buat backup data secara rutin untuk meyakinkan bahwa data Anda tetap aman meskipun terjadi kecelakaan pada hp pada saat yang tak terduga.

10. Belanja di Toko Terpercaya

Penjelasan

Belanja di toko terpercaya ketika Anda benar-benar harus memperbaiki hp Anda. Pastikan teknisi yang ada berpengalaman untuk mencegah hal yang buruk terjadi pada hp Anda.

Akhir kata, setiap langkah di atas penting untuk dilakukan jika hp Anda kemasukan air. Pastikan untuk menentukan langkah mana yang tepat dan sesuai dengan kondisi hp Anda. Ingatlah, pencegahan tetap lebih baik daripada mengobati. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah hp kemasukan air.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air: Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

Berikut adalah beberapa kelebihan cara mengatasi HP kemasukan air:

1. Memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh cairan yang masuk ke dalam perangkat sehingga dapat menghemat biaya perbaikan
2. Menghindari hilangnya data pribadi atau penting karena rusaknya perangkat akibat kebocoran air
3. Menjaga agar perangkat tidak dipengaruhi oleh masalah yang disebabkan oleh cairan seperti korosi atau korsleting listrik
4. Meningkatkan masa pakai dan kinerja perangkat
5. Meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam memperbaiki perangkat teknologi

Kekurangan

Namun, terdapat beberapa kekurangan pada cara mengatasi HP kemasukan air, antara lain:

1. Melakukan perbaikan mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama
2. Tidak semua kerusakan dapat diperbaiki dengan metode ini, tergantung seberapa parah kerusakan yang terjadi
3. Tidak selalu efektif dalam memperbaiki perangkat yang sudah rusak dengan parah akibat kebocoran air
4. Jika tidak dilakukan dengan benar, tindakan perbaikan ini bisa memperparah kerusakan atau bahkan menyebabkan perangkat menjadi rusak total
5. Memerlukan keterampilan teknis dan pengetahuan tentang perangkat teknologi, sehingga tidak cocok bagi orang yang tidak mengerti tentang hal tersebut

Dalam mengatasi HP yang kemasukan air, dibutuhkan keahlian dan keterampilan dalam memperbaiki perangkat teknologi agar tidak merusaknya lebih parah. Walaupun terdapat beberapa kelemahan, metode ini tetap bermanfaat bagi mereka yang mengalaminya, selama dilakukan dengan benar dan hati-hati.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika hp kemasukan air?

Matikan hp Anda secepat mungkin dan jangan mencoba menyalakannya kembali, karena bisa merusak komponen di dalamnya.

2. Apakah menaruh hp di dalam beras dapat mengatasi masalah air pada hp?

Iya, menaruh hp di dalam beras selama 24 jam dapat membantu menyerap kelebihan air pada hp Anda.

3. Apakah mengusap hp dengan kain kering setelah kemasukan air dapat membantu mengatasi masalah?

Tidak, jangan mengusap hp dengan kain kering setelah kemasukan air karena bisa merusak komponen di dalamnya.

4. Apakah mengeringkan hp di bawah sinar matahari langsung dapat mengatasi masalah air pada hp?

Tidak, jangan mengeringkan hp di bawah sinar matahari langsung karena suhu yang terlalu panas bisa merusak komponen di dalamnya.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan hp yang kemasukan air?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan hp yang kemasukan air berbeda-beda tergantung seberapa parah kerusakan pada hp Anda.

6. Bisakah hp yang kemasukan air diperbaiki?

Iya, hp yang kemasukan air dapat diperbaiki tergantung tingkat keparahan kerusakan.

7. Apakah membawa hp ke tempat servis dapat mengatasi masalah air pada hp?

Iya, membawa hp ke tempat servis dapat membantu memperbaiki kerusakan pada hp Anda.

8. Apa yang harus dilakukan setelah hp kering dari kemasukan air?

Setelah hp Anda kering dari kemasukan air, coba nyalakan kembali hp Anda. Jika masih bermasalah, bawa ke tempat servis.

9. Apakah menggunakan hair dryer untuk mengeringkan hp yang kemasukan air dapat membantu mengatasi masalah?

Tidak, jangan menggunakan hair dryer untuk mengeringkan hp yang kemasukan air karena suhu yang terlalu panas bisa merusak komponen di dalamnya.

10. Apakah membongkar hp sendiri untuk mengeringkan dapat membantu mengatasi masalah?

Tidak, jangan membongkar hp sendiri untuk mengeringkan karena bisa merusak komponen di dalamnya.

11. Apakah menggunakan alkohol atau bensin untuk membersihkan hp dapat membantu mengatasi masalah?

Tidak, jangan menggunakan alkohol atau bensin untuk membersihkan hp karena bisa merusak komponen di dalamnya.

12. Apakah memasukkan hp ke dalam freezer dapat mengatasi masalah air pada hp?

Tidak, jangan memasukkan hp ke dalam freezer karena suhu yang terlalu dingin bisa merusak komponen di dalamnya.

13. Apakah memeriksa ulang kondisi hp setelah kemasukan air penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut?

Iya, memeriksa ulang kondisi hp setelah kemasukan air penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada hp Anda.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara mengatasi hp kemasukan air. Namun, yang lebih penting adalah pencegahan agar tidak terjadi lagi. Hindari membawa hp dalam kondisi yang mengancam seperti di dekat sungai atau kolam renang, selalu gunakan pelindung hp yang tahan air, dan jangan pernah mencoba membuka hp sendiri jika terkena air. Lebih baik minta bantuan dari ahlinya atau bawa ke tempat servis resmi.

Penutup

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang menghadapi masalah dengan hp yang kemasukan air. Ingat, pencegahan lebih baik daripada mengobati. Selalu berhati-hati dalam menggunankan hp dan jangan lupa untuk menyimpan artikel ini jika suatu saat kamu atau temanmu membutuhkannya lagi. Sampai jumpa!

Leave a Comment