Cara Mengatasi HP Kena Air dengan Baterai Tanam

.

Salam hangat untuk pembaca setia yang sedang membaca artikel ini! Pernahkah Anda mengalami kejadian tidak terduga ketika hp kesayangan terjatuh ke dalam air? Nah, jika iya, ayo simak artikel ini dengan seksama. Kali ini, kita akan membahas cara mengatasi hp kena air baterai tanam dengan 12 langkah langkah dan beberapa tips tambahan yang bisa Anda terapkan di rumah. Mari kita mulai!

Langkah-Langkah

1. Segera Matikan HP

Langkah pertama yang harus dilakukan bila hp kena air adalah segera mematikannya. Jangan mencoba menyalakan hp untuk memeriksa kondisi karena itu bisa memperburuk kondisi hp. Sebaiknya, Anda segera cabut baterai jika masih memungkinkan atau tekan tombol power untuk mematikan hp.

2. Keringkan HP dengan Handuk atau Tisu

Setelah hp dimatikan, keringkan hp dengan handuk atau tisu yang bersih. Anda bisa mengusap permukaan luar hp hingga kering atau menghapus air pada bagian dalam hp yang terjangkau dengan hati-hati.

3. Bongkar Bagian Luar HP

Jika Anda ingin membersihkan hp secara menyeluruh, Anda bisa membongkar bagian luar hp. Pastikan Anda mengetahui cara membongkar hp secara benar sehingga tidak merusak bagian dalam hp.

4. Buka Setiap Bagian yang Terdapat Baterai

Buka setiap bagian yang terdapat baterai, seperti baterai hp, SIM card, atau kartu memori. Hal ini dilakukan agar semua bagian hp kena air bisa lebih cepat kering.

5. Keringkan Baterai dengan Kain Kering

Setelah membuka baterai, keringkan baterai dengan kain kering. Pastikan baterai dalam keadaan kering sebelum dinyalakan kembali.

6. Grosir Bagian HP yang Kena Air

Grosir bagian hp yang kena air seperti speaker, mikrofon, dan bagian-bagian lainnya dengan hati-hati. Setelah itu, keringkan bagian tersebut dengan kain kering.

7. Gunakan Hair Dryer

Jika hp kesayangan belum juga kering, Anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya. Pastikan Anda mengatur suhu hair dryer ke level rendah agar hp tidak rusak.

8. Taruh HP di dalam Kuas atau Bak Berisi Bahan Penyerap

Cara ini terbilang cukup efektif untuk mengeringkan hp kena air karena bahan penyerap seperti nasi atau silica gel bisa menyerap seluruh air yang ada di dalam hp.

9. Segera Bawa ke Tukang Service HP

Jika semua cara diatas sudah dilakukan tetapi hp masih tidak bisa dinyalakan, sebaiknya segera bawa hp ke tukang service hp yang terpercaya. Mereka akan membantu memperbaiki hp yang rusak akibat kebocoran air.

10. Beli Sparepart Baru

Jika di dalam hp terdapat komponen yang rusak karena kena air, Anda bisa membeli sparepart baru dari tukang service yang terkait. Belilah sparepart yang berkualitas agar hp kesayangan tetap baik.

11. Selalu Menjaga HP Agar Jauh dari Sumber Air

Setelah hp berhasil diperbaiki,kini saatnya untuk menjaga hp kesayangan agar terhindar dari air. Selalu jaga hp agar jauh dari sumber air seperti sungai atau kolam renang.

12. Gunakan Pelindung HP anti-Air

Agar hp tidak mudah terkena air, gunakanlah pelindung hp khusus yang anti-air. Hal ini bisa membuat Anda lebih nyaman membawa hp di mana saja tanpa takut akan terkena air.

Tips dan Trik

1. Gunakan Teknologi Anti-Air

Seiring dengan perkembangan zaman, sekarang sudah ada teknologi hp yang anti-air. Anda bisa mencari hp dengan teknologi tersebut untuk menghindari hp terkena air.

2. Jangan Membawa HP ke Tempat yang Rentan Terkena Air

Jika Anda sedang beraktivitas di tempat yang rentan terkena air seperti pantai atau kolam renang, lebih baik jangan membawa hp.

3. Pilihlah Casing HP yang Anti-Air

Selain pelindung hp, pilihlah casing hp yang anti-air untuk menjaga hp kesayangan tetap kering dan terhindar dari air.

4. Simpan HP di Tempat yang Kering

Setelah selesai digunakan, simpan hp di tempat yang kering dan jangan dekat dengan benda-benda yang dapat melepas air, seperti sabun atau benda basah.

5. Hindari Menggunakan HP Ketika Digunakan di Kamar Mandi

Hindari menggunaan hp saat berada di dalam kamar mandi karena tempat tersebut lebih rentan terkena air.

6. Taruh HP di Tempat yang Aman saat Anda Tidur

Jangan sering-sering meninggalkan hp di atas kasur atau tempat yang terkena air. Usahakan selalu meletakan hp Anda di tempat yang aman saat tidur.

7. Simpan HP di Dalam Wadah Khusus

Untuk mencegah kebocoran air, simpan hp di dalam wadah khusus yang tidak mudah tembus air, seperti kotak aman atau tas yang anti-air.

8. Jangan Menjemur HP di Tempat Terbuka

Jangan pernah menjemur hp di tempat terbuka dengan sinar matahari langsung. Suhu yang terlalu panas bisa merusak konektor di dalam hp.

9. Jangan Mengecas Hp di Tempat yang Tidak Memadai

Pastikan Anda mengecas hp hanya di tempat yang memadai dan terhindar dari air seperti di atas meja atau di lemari.

10. Selalu Matikan HP Saat di Tempat yang Rentan Terkena Air

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mematikan hp saat Anda berada di tempat yang rentan terkena air seperti kolam renang atau pantai.

Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi hp kena air baterai tanam. Selalu perhatikan kebersihan dan kondisi hp kesayangan agar selalu terjaga dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cara Mengatasi HP Kena Air Baterai Tanam: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Baterai tanam lebih aman ketika terkena air dibandingkan baterai yang dapat dilepas.
2. Dapat mengurangi risiko terkena kebakaran karena tidak terdapat koneksi baterai yang terbuka di dalam HP.
3. Tidak memerlukan proses penggantian baterai yang rumit.
4. Ukuran HP bisa lebih tipis dan ringan karena baterainya ditanam di dalam.
5. Baterai tanam lebih awet karena tidak mudah rusak akibat terlepas atau longgar.

Kekurangan

1. Jika HP terkena air, baterai juga terkena air dan dapat menyebabkan kerusakan pada HP jika tidak segera ditangani dengan benar.
2. Perbaikan HP dengan baterai tanam lebih sulit dan membutuhkan biaya yang lebih mahal karena harus membuka bagian belakang HP.
3. Jika baterai tanam mengalami kerusakan, maka pengguna harus membawa HP ke tukang servis resmi karena tidak dapat diganti sendiri.
4. Pada beberapa tipe HP, baterai tanam tidak dapat dicopot atau diganti ketika baterai sudah tidak bisa digunakan lagi.
5. Kapasitas baterai tanam cenderung lebih kecil dibandingkan dengan baterai yang dapat dilepas, sehingga bisa lebih cepat habis jika digunakan dengan intensitas tinggi.

Namun, dengan beberapa tips dan trik, seperti segera mematikan HP dan membawanya ke tukang servis terdekat ketika terkena air, bisa membantu pengguna mengatasi masalah baterai tanam yang terkena air. Setiap tipe HP juga memiliki cara perbaikan yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca petunjuk pengguna dengan cermat sebelum memutuskan untuk memperbaiki HP sendiri.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika HP terkena air dan baterai harus ditanam?

Pertama, matikan HP secara langsung, jangan mencoba menyalakan kembali atau mengisinya terlebih dahulu. Lalu segera bawalah HP ke tempat reparasi profesional.

2. Apakah tindakan awal yang harus dilakukan ketika HP telah kena air?

Yang paling utama adalah mematikan HP dan melepas baterainya, kemudian menyeka bagian yang basah dengan kain lembut.

3. Apa yang harus dihindari jika HP kena air dan baterai harus ditanam?

Jangan menekan tombol apa pun jika HP terkena air, tidak menyalakan HP kembali dan jangan menggunakan pengering rambut atau oven untuk mengeringkan HP.

4. Apakah tidak mengembalikan kinerja HP karena baterai tanam nanti?

Tidak, selama perbaikan dilakukan oleh spesialis yang berpengalaman, dan menemukan bahwa tidak ada kerusakan parah karena terkena air, kinerja HP harus dapat dipulihkan.

5. Berapa lama HP perlu keringkan sebelum baterai bisa dipasang kembali?

Sebaiknya HP keringkan selama minimal 24 jam atau lebih tergantung seberapa basahnya HP.

6. Apakah bisa menghilangkan data yang tersimpan pada HP karena terkena air?

Ya, beberapa data mungkin hilang atau rusak meskipun HP dapat berfungsi kembali setelah terkena air.

7. Apa saja bagian-bagian HP yang penting untuk diperiksa setelah terkena air?

Sebaiknya memeriksa bagian-bagian dengan sakelar dan papan sirkuit, LCD, kamera, dan konektor SIM yang rusak setelah terkena air.

8. Bagaimana cara menghindari kerusakan HP karena terkena air?

Dengan menghindari penggunaan HP di lingkungan yang ekstrem atau dekat air, membeli sarung anti air dan baterai tahan air, serta hindari membawa HP ke lokasi yang berpotensi memperoleh kerusakan akibat air.

9. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk menangani penghapusan air pada bagian dalam HP?

Biaya penghapusan air bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan yang disebabkan oleh air dan tergantung pada jenis HP juga.

10. Bagaimana cara pembersihan sendiri jika HP terkena air?

Pertama, matikan HP segera dan keluarkan baterainya, kemudian keringkan air yang sedang hangat menggunakan kain lembut. Setelah itu, biarkan selama minimal 24 jam, dan jangan mencoba menghidupkan HP kembali sebelum benar-benar kering.

11. Apakah tidak baik untuk membuka HP dan memeriksanya sendiri?

Ya, sangat tidak disarankan membuka HP dan memeriksanya sendiri, karena dapat merusak komponen lainnya dan memperburuk kerusakan yang terjadi pada awalnya.

12. Apakah cukup mengganti baterai HP jika baterai terkena air?

Tidak, karena prosedur penggantian baterai selalu memerlukan pereparasi komponen semua.

13. Kapan sebaiknya menghubungi profesional untuk mengatasi masalah HP terkena air?

Segera setelah menemukan bahwa HP telah terkena air, maka sebaiknya menghubungi tempat reparasi profesional untuk mengecek kondisi HP dan menindaklanjuti dengan memperbaikinya.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, dapat kita simpulkan bahwa mengatasi HP yang kena air dengan baterai tanam memang bisa dilakukan. Langkah-langkah yang harus dilakukan antara lain mulai dengan mematikan HP dan segera mengeluarkan baterai. Selanjutnya, bersihkan dengan alkohol untuk menghilangkan sisa-sisa air. Namun, sangat disarankan untuk membawa HP ke tempat service agar diperiksa dan dapat mengurangi risiko kerusakan yang lebih parah. Di samping itu, pastikan juga cara perawatan HP untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Penutup

Sekian tips dan trik mengatasi HP yang kena air dengan baterai tanam. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Ingatlah bahwa sebaiknya pencegahan dilakukan daripada mengobati. Maka, pastikan juga untuk mulai merawat HP dengan baik agar tidak terjadi kerusakan yang tidak diinginkan. Jika memang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, jangan ragu untuk membawa HP ke tempat service terpercaya agar dapat ditangani dengan baik dan mengurangi risiko kerusakan yang lebih parah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Comment