Cara Mengatasi HP Masuk Air dengan Cepat dan Mudah

Salam hangat untuk pembaca setia, kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi hp yang masuk air. Saat ini, handphone menjadi salah satu benda yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa handphone juga dapat mengalami kerusakan, salah satunya adalah saat hp terkena air.

Kerusakan yang terjadi pada hp yang masuk air bisa saja ringan, tetapi juga bisa sangat parah dan bahkan merusak komponen dalam hp. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang cepat dan tepat agar hp bisa diselamatkan dari kerusakan yang lebih parah. Berikut ini adalah 12 langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hp masuk air.

Langkah-Langkah

1. Matikan Hp Secepat Mungkin

Pertama-tama, saat hp terkena air, matikan hp secepat mungkin agar tidak ada arus listrik yang mengalir dalam perangkat dan dapat merusak komponen dalam hp. Caranya dengan menekan tombol power, tahan hingga muncul pilihan shut down atau power off, lalu pilih opsi tersebut.

2. Buka Casing Hp

Setelah hp dimatikan, segera buka semua bagian casing hp agar air yang terjebak di dalam hp dapat keluar dan mengering. Buatlah bekas goresan pada underbody hp untuk memudahkan air keluar. Namun, jika Anda merasa tidak yakin untuk membuka casing hp, segera ke tukang servis terpercaya.

3. Lepaskan Baterai dan Kartu Sim

Setelah semua bagian casing dibuka, lepaskan baterai dan kartu SIM untuk menghindari kerusakan pada komponen elektronik dalam hp. Selain itu, hal ini juga memudahkan proses pengeringan. Pastikan tangan Anda bersih untuk menghindari kotoran masuk ke dalam hp.

4. Keringkan Hp Dengan Lap Kering

Setelah semua komponen hp terbuka dan diambil, keringkan bagian dalam hp dengan lap kering yang bersih dan lembut. Pastikan semua sisa air di dalam hp diambil dengan lap tersebut. Namun, jangan menggosok bagian dalam hp terlalu keras karena dapat merusak komponen dalam hp.

5. Gunakan Vacuum cleaner

Jika hp terkena air dalam jumlah yang cukup besar, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner untuk mengeluarkan sisa air dari dalam hp. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan vacuum di sekitar bagian dalam hp yang basah.

6. Gunakan Dryer Rambut

Setelah dipastikan seluruh air di dalam hp sudah keluar, keringkan hp dengan menggunakan alat pengering rambut dalam keadaan low atau medium agar udara dihasilkan tidak terlalu panas. Usahakan jangan meletakkan alat pengering rambut terlalu dekat pada hp.

7. Bungkus Hp dengan Nasi yang Kering

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kelebihan air yang ada di dalam hp adalah dengan memasukkan hp ke dalam wadah beras yang kering selama 1 hingga 2 hari. Beras yang kering akan menyerap kelebihan air pada hp tersebut.

8. Jangan Menghidupkan Hp Terlalu Cepat

Pastikan untuk tidak menghidupkan hp terlalu cepat setelah hp terkena air. Sebaiknya Anda biarkan hp kering secara alami selama beberapa hari untuk memastikan seluruh komponen di dalam hp kembali ke kondisi semula.

9. Cek Kerusakan Hardware

Jika hp yang terkena air sudah kering dan Anda sudah yakin untuk menghidupkannya kembali namun masih dijumpai kerusakan seperti suara yang tidak keluar atau tombol-tombol yang tidak berfungsi, sebaiknya Anda bawa ke tukang servis terpercaya untuk memeriksa kerusakan hardware.

10. Ubah Baterai dan Charger

Jika setelah diperiksa oleh tukang servis hardware dan kerusakan tersebut diketahui ada pada bagian baterai dan charger, segera ganti dengan yang baru untuk menghindari terjadinya kerusakan pada hp tersebut.

11. Jaga Kebersihan Hp

Setelah hp terkena air, pastikan untuk menjaga kebersihan hp secara teratur agar tidak mengalami kerusakan pada komponennya. Bersihkan secara rutin bagian-bagian yang rawan air seperti lubang micro USB atau headphone secara berkala.

12. Gunakan Penutup Anti-Air

Sebagai cara pencegahan, gunakanlah penutup anti-air pada hp Anda ketika Anda berada di lingkungan yang memungkinkan terjadinya penyiraman air pada hp seperti di pantai atau di taman air. Pastikan penutup tersebut sudah sesuai dengan merk dan tipe hp Anda.

Penjelasan

Dalam apa yang menjadi bagian penting dari kehidupan kita saat ini, handphone harus dijaga sebaik mungkin agar selalu dalam kondisi yang prima. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hp yang masuk air bisa diselamatkan dan tidak rusak secara permanen. Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengatasi hp yang masuk air.

Langkah pertama yaitu matikan hp secepat mungkin. Hal ini dilakukan untuk menghindari arus listrik yang dapat merusak komponen-komponen dalam hp Anda.

Langkah kedua adalah membuka semua bagian casing hp. Hal ini dilakukan agar air yang terjebak di dalam hp bisa keluar dan mengering. Bekas goresan pada underbody hp dibuat untuk memudahkan air keluar.

Langkah ketiga adalah melepaskan baterai dan kartu SIM. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan pada komponen elektronik dalam hp, serta memudahkan proses pengeringan. Pastikan tangan Anda bersih untuk menghindari kotoran masuk ke dalam hp.

Selanjutnya, keringkan bagian dalam hp dengan lap kering yang bersih dan lembut. Jangan menggosok bagian dalam hp terlalu keras karena dapat merusak komponen dalam hp.

Apabila keadaan sudah cukup parah, gunakan vacuum cleaner untuk mengeluarkan sisa air dari dalam hp. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan vacuum di sekitar bagian dalam hp yang basah.

Setelah dipastikan seluruh air di dalam hp sudah keluar, keringkan hp dengan menggunakan alat pengering rambut dalam keadaan low atau medium agar udara yang dihasilkan tidak terlalu panas. Usahakan jangan meletakkan alat pengering rambut terlalu dekat pada hp.

Satu cara lagi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kelebihan air yang ada di dalam hp adalah dengan memasukkan hp ke dalam wadah beras yang kering selama 1 hingga 2 hari. Beras yang kering akan menyerap kelebihan air pada hp tersebut.

Ingatlah untuk tidak menghidupkan hp terlalu cepat setelah hp terkena air. Biarkan hp kering secara alami selama beberapa hari untuk memastikan seluruh komponen di dalam hp kembali ke kondisi semula.

Jika hp yang terkena air sudah kering dan masih dijumpai kerusakan pada bagian hardware, sebaiknya Anda bawa ke tukang servis terpercaya untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan tersebut.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan hp secara teratur agar tidak mengalami kerusakan pada komponennya. Bersihkan secara rutin bagian-bagian yang rawan air seperti lubang micro USB atau headphone secara berkala.

Dan sebagai cara pencegahan agar hal yang sama tidak terulang lagi, gunakanlah penutup anti-air pada hp Anda ketika Anda berada di lingkungan yang memungkinkan terjadinya penyiraman air pada hp seperti di pantai atau di taman air. Pastikan penutup tersebut sudah sesuai dengan merk dan tipe hp Anda.

Tips dan Trik

1. Hemat Uang Dengan DIY (Do it yourself)

Anda dapat melakukannya sendiri dengan langkah-langkah yang sudah disebutkan sebelumnya untuk mengatasi hp yang basah daripada membawa ke tukang servis terpercaya yang bisa mengeluarkan biaya tinggi.

2. Gunakan Kain yang Bersih dan Tidak Berbulu

Gunakan kain yang lembut dan tidak berbulu untuk mengeringkan hp secara perlahan dan hati-hati. Hal ini penting agar tidak merusak komponen-komponen dalam hp Anda.

3. Jangan Mencoba Menghidupkan Hp yang Masih Basah

Mencoba menghidupkan hp yang masih basah bisa membuat kerusakan pada komponen dalam hp. Oleh karena itu, hindari untuk menghidupkan hp tersebut.

4. Batasi Penggunaan Krim Tangan

Penggunaan krim tangan yang berlebihan dapat merusak bagian luarnya dari hp Anda. Oleh karena itu, batasi penggunaannya.

5. Hindari Menjatuhkan Hp

Menjatuhkan hp yang masih basah dapat membuat masalah menjadi semakin bertambah buruk. Oleh karena itu, hindari agar hp Anda tidak terjatuh.

6. Jangan Mencoba Membersihkan Hp dengan Cairan Kimia

Mencoba membersihkan hp dengan cairan kimia dapat membuat masalah yang semula kecil menjadi semakin parah. Oleh karena itu, hindari mencoba membersihkan hp dengan cairan kimia.

7. Hindari Menggunakan Pengering Rambut di Suhu yang Tinggi

Anda disarankan untuk menggunakan pengering rambut pada suhu low atau medium, terlalu panas dapat merusak komponen dalam hp.

8. Jangan Mencoba Membersihkan Hp dengan Kuas

Membersihkan hp dengan kuas dapat menghilangkan semacam pelindung pada layar hp Anda. Oleh karena itu, jangan mencoba membersihkan hp seperti itu.

9. Hindari Letakkan Hp Dekat Panci Berisi Air

Banyak orang membawa hp dekat dengan panci berisi air ketika sedang masak atau menyiapkan minuman. Jangan letakkan hp dekat dengan panci berisi air untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

10. Simpan Hp Anda di Dalam Tempat yang Kering

Pastikan hp Anda selalu disimpan di dalam tempat yang kering dan terlindungi dari air atau kelembaban. Hal ini penting agar hp Anda tidak terkena air dan tetap dalam kondisi yang baik.

Cara Mengatasi HP Masuk Air: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Mencegah kerusakan yang lebih parah. Dengan cara mengatasi hp masuk air yang tepat, Anda dapat menghindari kerusakan yang lebih parah seperti kerusakan pada motherboard atau RAM.

2. Menghemat biaya perbaikan. Dengan mengatasi sendiri hp yang masuk air, Anda dapat menghemat biaya perbaikan yang mungkin cukup mahal jika dilakukan oleh tenaga ahli.

3. Dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa cara mengatasi hp yang masuk air dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana seperti membuka casing dan mengeringkan komponen dengan rambut pengering.

4. Mencegah kehilangan data. Dengan segera mengatasi hp yang masuk air, Anda dapat mencegah kehilangan data yang penting di dalam hp.

5. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dalam keadaan darurat, Anda dapat mengatasi hp yang masuk air kapan saja dan di mana saja.

Kekurangan

1. Tidak menjamin keberhasilan. Terkadang, meskipun telah dilakukan berbagai cara mengatasi hp yang masuk air, masih ada kemungkinan hp tidak dapat menyala kembali.

2. Memerlukan waktu yang cukup lama. Beberapa cara mengatasi hp yang masuk air memerlukan waktu yang cukup lama seperti merendam hp dalam beras atau silica gel selama beberapa hari.

3. Memerlukan ketelitian dan kehati-hatian. Ketika membuka casing hp untuk mengeringkan komponen yang masuk air, diperlukan ketelitian dan kehati-hatian agar tidak merusak komponen lainnya.

4. Tidak semua jenis hp bisa diatasi sendiri. Beberapa jenis hp memiliki sistem yang rumit dan memerlukan tenaga ahli untuk mengatasi masalah yang terjadi.

5. Mungkin merusak garansi hp. Jika hp masih dalam masa garansi, mengatasi sendiri hp yang masuk air bisa merusaknya dan membuat garansi tidak berlaku lagi.

FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika HP saya terkena air?

Jangan panik! Pertama-tama, matikan HP Anda dan segera keluarkan baterainya (jika dapat dilepas). Keringkan HP dengan kain atau tisu yang bersih dan biarkan selama beberapa jam untuk mengering. Jangan menghidupkan HP sampai Anda yakin sepenuhnya sudah kering.

2. Apa yang terjadi jika saya langsung menghidupkan HP yang terkena air?

Menghidupkan HP yang masih basah dapat merusaknya dan memperparah kerusakan yang sudah ada. Jangan pernah menghidupkan HP jika Anda tidak yakin sudah kering sepenuhnya.

3. Apakah saya dapat membongkar HP dan mengeringkannya dengan hair dryer?

Tidak disarankan untuk membongkar HP Anda sendiri. Jika Anda tidak ahli dalam merakit kembali HP, Anda dapat merusaknya lebih parah lagi. Gunakan metode keringkan alami dengan menunggu beberapa jam atau menggunakan perlengkapan khusus seperti kantong silika gel untuk mengeringkan HP.

4. Apakah HP yang terkena air bisa diperbaiki?

Tergantung pada tingkat kerusakan dan jenis HP. Beberapa HP tidak bisa diperbaiki setelah terkena air, sementara yang lain bisa diperbaiki dengan mengganti komponen tertentu. Namun, biaya perbaikan mungkin lebih mahal daripada membeli HP baru.

5. Apa yang harus saya lakukan jika HP saya terkena air laut?

HP yang terkena air laut harus segera dicuci dengan air tawar untuk menghilangkan garam. Setelah dicuci, keringkan HP dengan kain atau tisu yang bersih dan biarkan selama beberapa jam untuk mengeringkan.

6. Apakah saya dapat menggunakan beras untuk mengeringkan HP yang terkena air?

Beras dapat membantu menyerap kelembaban dari HP yang terkena air, tetapi butiran beras dapat masuk ke dalam lubang-lubang kecil pada HP dan merusaknya. Disarankan untuk tidak menggunakan beras dalam mengeringkan HP.

7. Apa penyebab HP terkena air?

Penyebab HP terkena air bisa berupa terjatuh ke dalam air, terkena hujan atau cairan lain, atau bahkan kebocoran air di dalam HP sendiri.

8. Bisakah saya menggunakan HP setelah terkena air?

Anda dapat menggunakan HP setelah terkena air jika sudah sepenuhnya kering dan tidak ada kerusakan yang terlihat. Namun, mungkin ada kerusakan internal yang tidak terlihat yang dapat memperburuk kondisi HP Anda. Selalu waspada dan periksa kinerja HP secara berkala.

9. Bagaimana cara mencegah HP terkena air?

Gunakan casing atau pelindung layar yang tahan air. Jangan membawa HP ke tempat yang lembab atau terkena air terlalu banyak. Jangan membawa HP ke kamar mandi dan pastikan tidak membawa HP ke kolam renang atau laut.

10. Apa dampak jangka panjang dari HP yang terkena air?

HP yang terkena air dapat menyebabkan kerusakan internal yang pada akhirnya dapat berdampak pada kinerja HP secara keseluruhan. Kinerja baterai dapat berkurang, jaringan dan konektivitas internet dapat terganggu, dan ada risiko kerusakan lebih lanjut pada komponen-komponen di dalam HP.

11. Apa yang harus saya lakukan jika HP saya terkena air hujan?

Jangan panik! Gunakan kain atau tisu yang bersih untuk mengeringkan HP. Biarkan selama beberapa jam untuk mengeringkan dan pastikan Anda tidak menghidupkan HP sebelum yakin benar-benar kering.

12. Apakah saya bisa mengklaim garansi jika HP saya terkena air?

Tidak. Kerusakan akibat air tidak termasuk dalam garansi HP dan Anda harus membayar biaya perbaikan atau membeli HP baru.

13. Apakah air yang terkena HP dapat merusak sim card and microSD card?

Ya. Air dapat menyebabkan kerusakan pada sim card dan microSD card, sehingga sebaiknya tidak memasang/mengeluarkan kartu dalam kondisi basah. Angkat kartu dan bersihkan dengan kain atau tisu yang bersih dan keringkan sebelum dipasang kembali.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, ada beberapa hal penting yang harus dipahami terkait cara mengatasi hp masuk air. Pertama, kecepatan dalam tindakan sangat berpengaruh pada ketersediaan waktu untuk menyelamatkan ponsel. Kedua, jangan menyalakan ponsel sebelum dikeringkan secara sempurna, ini bisa fatal bagi mesin. Ketiga, bawa ke tukang servis jika dirasa ponsel masih bermasalah meski telah dikeringkan. Terakhir, pentingnya asuransi pada ponsel untuk mengantisipasi kerusakan serupa di masa depan.

Penutup

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah ponsel yang masuk air. Jangan lupa, tindakan cepat dan kesabaran adalah dua kunci utama dalam menyelamatkan ponsel yang basah. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Leave a Comment