Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

Selamat datang para pembaca setia artikel teknologi! Saat ini, teknologi semakin berkembang pesat dan bahkan sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan adalah smartphone. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah seperti hp tidak bisa disentuh. Hal ini tentunya sangat mengganggu karena menurunkan performa ponsel. Bisa saja membuat kita kehilangan data atau menjadikan kita enggan untuk menggunakan smartphone.

Namun jangan khawatir, kali ini kita akan membahas cara mengatasi hp tidak bisa disentuh dengan 12 langkah mudah dan sederhana. Berikut adalah langkah-langkah tersebut.

Langkah-Langkah Mengatasi Hp Tidak Bisa Disentuh

1. Restart HP Anda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan me-restart kembali ponsel Anda. Dalam banyak kasus, masalah pada touchscreen disebabkan oleh gangguan sementara yang bisa diatasi dengan merestart perangkat Anda. Tekan tombol power pada HP Anda selama beberapa detik hingga muncul pilihan untuk me-restart perangkat.

2. Bersihkan Layar Hp Anda

Jika layar hp Anda terlihat kotor atau terdapat benda-benda asing pada layarnya, tidak ada salahnya untuk membersihkannya terlebih dahulu. Anda dapat menggunakan lap khusus untuk membersihkan layar hp dan menghapus kotoran atau debu yang menempel pada layar. Pastikan lap yang Anda gunakan bersih dan tidak kasar agar tidak merusak layar hp.

3. Matikan Fungsi Auto Rotate

Fungsi auto rotate dapat membuat layar hp Anda berubah secara otomatis saat Anda mengubah posisi perangkat. Namun, dalam beberapa kasus ini dapat menyebabkan masalah pada touchscreen. Jadi, matikanlah fungsi auto rotate pada hp Anda dan periksa kembali touchscreen.

4. Periksa Port Charger

Port charger pada hp juga dapat memengaruhi kinerja touchscreen. Jangan ragu untuk memeriksanya dan pastikan tidak ada kotoran, debu atau benda asing lainnya yang terjebak di dalam port. Pastikan juga bahwa kabel charger yang Anda gunakan tidak rusak atau berdebu.

5. Periksa Kabel Fleksibel

Kabel fleksibel dapat menjadi masalah dalam layar sentuh yang tidak sengaja terhindar. Dia adalah kabel kecil yang menghubungkan LCD dan layar sentuh ke papan utama, dan harus dihubungkan dengan baik untuk fungsi layar sentuh yang baik. Pastikan untuk memeriksa kabel fleksibel dan pastikan bahwa benar-benar tersambung.

6. Periksa Kalibrasi Layar Sentuh

Software kalibrasi layar hp dapat diatur oleh Anda secara manual. Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk mengkalibrasi layar touchscreen Anda dengan mudah. Pilih kalibrasi ‘Manual’ agar Anda dapat mengatur sensor dengan lebih teliti dan akurat. Anda juga dapat memilih kalibrasi satu titik atau kalibrasi multi titik, tergantung pada kebutuhan Anda.

7. Tutup Aplikasi di Latar Belakang

Aplikasi yang terus berjalan di belakang dapat mengganggu kinerja touchscreen pada hp. Terkadang layar touchscreen dapat terhalangi oleh aplikasi yang berjalan secara berlebihan. Pastikan Anda menutup aplikasi yang tidak perlu agar tidak membebani sistem dan tidak mengganggu layar touchscreen.

8. Hapus Cache

Cache aplikasi merupakan data sementara yang disimpan oleh sistem dalam memori perangkat. Terkadang cache yang menumpuk dapat menjebak layar touchscreen dan membuat perangkat menjadi lamban. Untuk menghapus cache Anda perlu masuk ke pengaturan hp Anda, lalu pilih ‘Aplikasi’. Pilih aplikasi yang ingin dihapus lalu pilih ‘Hapus Cache’.

9. Perbarui Sistem Operasi Ponsel Anda

Sistem operasi yang sudah usang dapat menjadi penyebab kerusakan pada touchscreen ponsel Anda. Periksa apakah ada pembaruan atau update yang tersedia untuk sistem operasi hp Anda dan pastikan untuk memperbarui sistem operasi secara teratur untuk memperbaiki kinerja touchscreen.

10. Hapus File Tidak Penting

File yang banyak menumpuk di hp dapat menjadi masalah pada touchscreen. Terkadang, ketika memori hp Anda sudah penuh, sistem akan kehilangan keterampilan dalam menangani semua data. Anda perlu menghapus file-file yang tidak terlalu penting seperti file gambar atau musik yang sudah tidak Anda butuhkan.

11. Kembalikan Ke Pengaturan Awal

Jika semua cara di atas tidak berhasil, Anda bisa mencoba mengembalikan hp ke pengaturan awal. Pastikan Anda backup terlebih dahulu data penting pada hp Anda. Masuk ke pengaturan, lalu pilih ‘Pengembalian Setelan Awal’. Setelah itu pilih ‘Atur’. Selama proses reset, jangan matikan hp Anda sampai reset selesai.

12. Bawa ke Service Center

Jika semua cara di atas gagal, kemungkinan besar masalah pada hp Anda cukup serius dan perlu diperbaiki oleh ahli di service center. Kunjungi service center terdekat dan perbaiki keadaan pada hp Anda. Pastikan data penting Anda sudah terbackup terlebih dahulu sebelum membawa ke service center.

Tips dan Trik

1. Gunakan aplikasi pelacak untuk hp Anda

Jika Anda takut dengan kehilangan hp Anda, ada beberapa aplikasi pelacak seperti Find My iPhone. Fitur ini sangat membantu untuk melacak lokasi hp Anda jika hilang atau dicuri.

2. Jangan sering melakukan root pada hp Anda

Rooting hp memungkinkan Anda untuk mengakses sistem operasi dan menginstal aplikasi atau perangkat lunak. Namun, hal ini bisa merusak kinerja hp dan merusak garansi Anda. Sebaiknya hindari rooting hp Anda terlalu sering.

3. Gunakan antivirus

HP android sangat rentan terhadap virus, sehingga antivirus adalah salah satu aplikasi yang harus Anda instal pada hp Anda. Pastikan Antivirus tersebut selalu up to date agar melindungi hp Anda dari virus-virus terbaru.

4. Gunakan charger original

Charger palsu sering menjadi penyebab kerusakan pada hp Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan charger original.

5. Jangan Terlalu Sering Mengisi Daya HP Anda

Mengisi daya hp terlalu sering dan terlalu lama dapat memperpendek umur baterai hp. Pastikan untuk menempatkan hp Anda dalam kondisi charging pada saat keadaan batterai dibawah 20%.

6. Matikan Wifi dan Bluetooth Apabila Tidak Diperlukan

Wifi dan bluetooth adalah salah satu fitur yang sering diaktifkan pada hp. Namun, apabila tidak diperlukan sebaiknya matikan fitur ini agar tidak memperpendek umur baterai hp Anda.

7. Gunakan Case dan Tempatkan hp Anda di Tempat yang Aman

Case adalah salah satu cara agar hp Anda terlindungi dari benda-benda asing atau benturan. Pastikan tempatkan hp Anda di tempat yang aman, jangan tempatkan atau meletakkan hp Anda di permukaan yang lembut atau licin.

8. Rajin Membersihkan HP Anda

Membersihkan hp adalah salah satu cara agar hp Anda tetap terjaga kebersihannya. Membersihkan hp secara teratur juga dapat memperpanjang umur hp Anda.

9. Selalu Backup Data Anda

Membuat backup data merupakan salah satu cara agar data penting Anda terlindungi dari kerusakan. Selalu lakukan backup data secara teratur.

10. Hindari Langsung Terpapar Sinar Matahari

Sinar matahari bisa merusak layar hp. Jangan menggunakan hp langsung dalam sinar matahari terik agar layar hp Anda bisa bertahan lama.

Itulah 12 langkah sederhana dan tips serta trik cara mengatasi hp yang tidak bisa disentuh. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah touchscreen pada hp Anda. Dengan menerapkan cara-caranya, hp Anda akan kembali normal dan kinerjanya akan jauh lebih baik.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Disentuh: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Memperbaiki masalah layar sentuh yang tidak responsif

2. Memberikan solusi yang mudah dan cepat tanpa perlu membawa perangkat ke ahli

3. Memperbaiki masalah dalam waktu singkat, sehingga tidak memakan waktu yang lama

4. Mencegah kerusakan pada perangkat yang lebih parah

5. Dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki perangkat

6. Memperbaiki masalah hardware atau software secara bersamaan

7. Meminimalisir kesalahan teknis dalam perbaikan

8. Memberikan solusi yang lebih baik dibandingkan dengan reset atau restart perangkat

9. Bisa dilakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan orang lain

10. Tersedia banyak tutorial dan informasi mengenai cara mengatasi masalah ini di internet

Kekurangan

1. Risiko mengalami kerusakan hardware perangkat

2. Cara mengatasi yang dilakukan tidak selalu berhasil dan perlu mencari alternatif lain

3. Memerlukan pengetahuan dan keahlian teknis yang cukup untuk mengatasi masalah ini secara mandiri

4. Mengambil risiko pada garansi dari produsen

5. Memerlukan banyak waktu untuk mencari dan menyelidiki masalah yang terjadi

6. Tidak semua masalah layar sentuh bisa diselesaikan dengan cara ini

7. Perangkat harus dipakai dengan hati-hati setelah diperbaiki untuk menghindari kerusakan selanjutnya

8. Risiko mengalami crash pada software setelah perbaikan

9. Memerlukan alat-alat dan bahan tertentu untuk melakukan perbaikan

10. Terkadang perbaikan dilakukan tidak sempurna dan masih ada beberapa masalah yang tetap ada.

FAQ

1. Apa penyebab hp saya tidak bisa disentuh?

Ada beberapa penyebab hp tidak bisa disentuh, biasanya disebabkan oleh kerusakan hardware atau software, atau layar yang terkunci.

2. Jika tidak bisa disentuh, apakah hp masih bisa digunakan?

Bisa, tetapi fitur yang membutuhkan layar sentuh seperti mengetik teks atau memilih aplikasi akan sulit dilakukan.

3. Apa yang harus dilakukan jika hp tidak bisa disentuh?

Anda bisa mencoba menghidupkan ulang hp atau membersihkan layar dengan kain lembut. Jika tidak berhasil, bawa ke pusat servis terdekat.

4. Bagaimana cara membersihkan layar hp dengan aman?

Gunakan kain lembut yang dijual khusus untuk membersihkan layar atau tissue yang dibasahi dengan sedikit air. Hindari penggunaan pembersih berbasis alkohol atau bahan kimia keras lainnya.

5. Apa saja tindakan pencegahan yang dapat dilakukan agar hp tidak rusak?

Gunakan pelindung layar dan sarung hp yang tepat untuk melindungi hp Anda dari goresan atau benturan, hindari pemakaian hp terlalu lama, dan lakukan update sistem secara teratur.

6. Bagaimana cara menyelesaikan masalah software yang membuat hp tidak bisa disentuh?

Coba restart hp atau melakukan reset pengaturan pabrik. Jika masalah tetap terjadi, bawa ke pusat servis terdekat.

7. Apa itu layar sentuh resistif dan kapasitif?

Layar sentuh resistif terdiri dari dua lapisan yang terpisah dan mengandalkan tekanan untuk mendeteksi sentuhan, sedangkan layar sentuh kapasitif mengandalkan medan elektrostatik.

8. Apakah layar sentuh kapasitif lebih sensitif daripada resistif?

Ya, layar sentuh kapasitif lebih sensitif dan responsif terhadap sentuhan jari serta tidak membutuhkan tekanan yang besar.

9. Apa itu dead spot pada layar sentuh?

Dead spot adalah area pada layar sentuh yang tidak merespons terhadap sentuhan atau perintah yang diberikan.

10. Apa yang harus dilakukan jika hp memiliki dead spot pada layar sentuh?

Bawa ke pusat servis untuk diperbaiki atau ganti layar sentuh yang rusak dengan yang baru.

11. Bagaimana cara mengurangi keterlambatan respons layar sentuh?

Pastikan hp Anda tidak terlalu panas dan aplikasi yang digunakan tidak membebani sistem hp. Jika tetap terjadi, periksa perangkat keras seperti baterai atau layar sentuh.

12. Apakah layar sentuh hp dapat diganti?

Ya, layar sentuh hp dapat diganti asalkan dilakukan oleh teknisi yang ahli dan memakai komponen yang compatible.

13. Berapa biaya yang diperlukan untuk mengganti layar sentuh hp?

Biaya penggantian layar sentuh hp berbeda-beda tergantung merek dan tipe hp, serta daerah tempat Anda tinggal. Anda bisa menghubungi pusat servis terdekat untuk mengetahui estimasi biaya yang diperlukan.

Kesimpulan

Menyadari bahwa smartphone sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, hal yang sering menjadi masalah adalah saat HP tak bisa disentuh atau layar sentuh yang tidak berfungsi. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai cara, mulai dari pengecekan secara mandiri sampai dengan membawa ke tempat service terdekat.

Adapun beberapa cara mengatasi HP tidak bisa disentuh yang bisa dilakukan, antara lain dengan mengecek fungsi layar sentuh, membersihkan layar, memeriksa update sistem, mencoba satu per satu fitur sistem yang ada, menghapus aplikasi yang terinstal terakhir, reset sistem atau bahkan membawa ke tempat service terdekat.

Namun, sebelum melakukan cara yang rumit, perlu dilihat terlebih dahulu apakah benar layar smartphone Anda tak bisa disentuh atau hanya ada masalah dengan aplikasi atau OS saja. Jika hal ini terjadi, Anda bisa mencoba melakukan restart atau install ulang aplikasi atau bahkan sistem operasi smartphone Anda.

Penutup

Semoga beberapa cara di atas bisa membantu Anda yang mengalami masalah dengan layar sentuh di smartphone Anda. Apabila Anda sudah melakukan berbagai cara terbaik dan masalah masih tetap berlanjut, sebaiknya segera bawa ke tempat service terdekat atau hubungi pihak produsen smartphone Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, sampai jumpa!

Leave a Comment