Cara Mengatasi HP yang Terkena Air dan Memiliki Baterai Tanam

Selamat datang kembali para pembaca setia! Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi hp yang terkena air dengan baterai tanam. Pernahkah kamu mengalami situasi ketika hp kesayanganmu tercebur ke dalam air dan semuanya terasa berakhir? Jangan khawatir! Artikel kami kali ini akan memberikan solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Langkah-Langkah

1. Segera Matikan HP

Jika hpmu terkena air, segeralah matikan hp tersebut untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

2. Buka Casing dan Keluarkan Baterai

Setelah kamu mematikan hp, segera buka casing dan keluarkan baterai.

3. Keringkan Baterai Secara Lembut

Setelah membuka baterai, langkah berikutnya adalah mengeringkannya dengan menggunakan lap kering secara lembut dan hati-hati.

4. Keringkan HP dengan Vacuum Cleaner

Saat hp terkena air, bagian dalam hp mungkin masih basah, sehingga mengeringkannya dengan kain atau lap mungkin tidak cukup. Oleh karena itu, disarankan untuk mengeringkan hp dengan vacuum cleaner.

5. Basahi Kapas dengan Alkohol

Ambil kapas secukupnya dan basahi dengan sedikit alkohol. Gunakan kapas tersebut untuk membersihkan bagian dalam hp yang terkena air.

6. Keringkan HP dan Baterai Dengan Kipas Angin

Setelah membersihkan dan mengeringkan hp dengan vacuum cleaner, selanjutnya kamu dapat mengeringkannya dengan kipas angin.

7. Jangan Menggunakan Pengering Rambut

Meskipun pengering rambut memang terlihat efektif dalam mengeringkan benda yang basah, namun pengering rambut dapat merusak hp karena terlalu panas.

8. Letakkan HP di dalam Baskom Berisi Nasi

Nasi yang panas dapat menyerap kelembaban pada hp yang terkena air. Oleh karena itu, kamu bisa meletakkan hp ke dalam baskom berisi nasi hangat untuk menghilangkan kelembaban.

9. Jangan Menggunakan Arsip Kabel

Terkadang, kita cenderung menggunakan arsip kabel untuk mengeringkan hp yang terkena air. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan korosi pada konektor hp.

10. Diamkan HP dalam Wadah Berisi Bahan Pengering

Bahan pengering seperti silica gel dapat membantu mengurangi kelembaban dalam hp. Kamu bisa meletakkan hp dalam wadah berisi bahan pengering tersebut selama beberapa jam.

11. Pasang Kembali Baterai dan Hidupkan HP

Setelah kamu yakin semua bagian hp sudah kering, pasang kembali baterai dan hidupkan hp untuk memeriksa apakah hp sudah kembali normal.

12. Bawa ke Service Center Jika Diperlukan

Jika setelah melakukan seluruh langkah-langkah di atas hp masih belum dapat berfungsi dengan normal, sebaiknya kamu membawanya ke service center untuk diperiksa dan diperbaiki.

Penjelasan dan Tips

Sekarang kamu sudah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan ketika hp terkena air dengan baterai tanam. Berikut ini adalah beberapa penjelasan dan tips yang dapat membantumu dalam mengatasi masalah tersebut.

Perlu diingat bahwa setiap hp memiliki cara bongkar casing dan baterai yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum melakukan hal apa pun, pastikan untuk membaca buku panduan hp atau mencari informasi di internet mengenai cara membuka casing dan baterai hp tersebut.

Selain itu, kamu juga harus mengetahui kondisi baterai hp kamu. Jika baterai sering mengalami masalah seperti cepat panas, boros, atau tidak dapat bertahan lama, sebaiknya segera ganti dengan baterai baru. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir jika hp terkena air dan baterai juga rusak.

Terakhir, hindari membawa hp ketika sedang berenang atau ke lokasi yang berisiko terkena air, sehingga kamu tidak perlu khawatir dan merasa cemas terhadap hpmu.

Tips dan Trik

1. Gunakan aksesoris anti air seperti case atau pouch yang tahan air sebagai pelindung hp jika kamu sering berada di tempat terbuka atau dekat air.
2. Jangan membiarkan hp dalam keadaan terlalu panas, karena hal tersebut dapat merusak baterai hpmu.
3. Setelah mengeringkan hp dengan vacuum cleaner, kamu bisa menggunakannya kembali untuk menghisap kelembaban yang tersisa pada bagian hp yang susah dijangkau.
4. Jangan mengisi daya baterai hp yang masih basah. Tunggu sampai hp benar-benar kering dan pastikan tidak ada cairan yang tersisa.
5. Simpan sejumlah silica gel di dalam wadah tertutup untuk membantu menyerap kelembaban jika sewaktu-waktu hp mu terkena cipratan air.

Dengan mengetahui cara yang tepat untuk mengatasi hp yang terkena air dengan baterai tanam, kamu tidak perlu khawatir lagi ketika hpmu terkena air. Berhati-hatilah agar hpmu tetap baik dan berfungsi maksimal sesuai harapan!

Kelebihan & Kekurangan Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam

Banyak orang yang merasa kesal ketika HP mereka terkena air. Kondisi tersebut tentu mengancam agar tidak bisa lagi digunakan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP yang terkena air baterai tanam, ada kelebihan dan kekurangan yang harus diketahui sebagai alternatif pilihan.

Kelebihan

  • Memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi,
  • Cukup murah untuk dijual di pasaran,
  • Tidak akan merusak bagian dalam HP,
  • Dapat membersihkan HP secara menyeluruh,
  • Baterai tidak perlu dilepas dari HP sehingga lebih praktis,
  • Memperbaiki HP yang terkena air hanya dalam waktu satu jam saja.

Kekurangan

  • Kesalahan dalam membersihkan HP dapat menimbulkan kerusakan,
  • Perlu biaya tambahan apabila HP rusak,
  • Penggunaan yang tidak hati-hati dapat menyebabkan kerusakan,
  • Tidak semua jenis HP bisa dibersihkan dengan cara ini,
  • Memiliki risiko yang terkait dengan penggunaan ketika rentan akan air.

Oleh karena itu, dalam mengatasi HP yang terkena air baterai tanam, Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari cara tersebut. Selalu berhati-hati dan teliti dalam melakukan pembersihan agar HP tidak ditimpa kerusakan yang lebih serius.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika HP terkena air?

Jangan panik! Matikan HP segera dan biarkan kering di tempat yang teduh. Jangan menyalakan atau mencoba mengisi dayanya.

2. Bagaimana cara mengatasi baterai tanam yang terkena air?

Buka penutup belakang HP dan cabut baterainya. Biarkan baterai kering di tempat yang teduh. Jangan mencoba mengisi atau mengganti baterai dengan yang baru.

3. Bagaimana cara membersihkan HP yang terkena air?

Gunakan kain yang lembut dan bersih untuk mengelap permukaan HP yang terkena air. Jangan menggunakan air atau cairan pembersih lainnya.

4. Berapa lama sebaiknya menunggu sebelum menyalakan lagi HP yang terkena air?

Tunggu minimal 24 jam untuk memastikan bahwa HP sudah benar-benar kering. Jangan terburu-buru untuk menyalakan HP kembali.

5. Apakah bisa mencegah HP terkena air?

Gunakan casing anti-air atau jangan membawa HP ke tempat yang berpotensi membuatnya terkena air, seperti kolam renang atau pantai.

6. Apakah HP yang tiba-tiba mati karena terkena air masih bisa diperbaiki?

Bisa, namun tergantung kerusakannya. Sebaiknya bawa ke service center untuk diperiksa dan diperbaiki secara profesional.

7. Apakah mencoba menghidupkan HP yang masih basah bisa membuat kerusakan yang lebih parah?

Ya, karena molekul air masih terdapat pada bagian-bagian dalam HP. Menyalakan HP yang masih basah bisa menyebabkan korsleting dan kerusakan hardware yang lebih parah.

8. Apa yang harus dilakukan jika HP terkena air laut?

Bilas dengan air tawar secepat mungkin dan ikuti langkah-langkah di atas. Air laut bisa merusak lebih cepat dan parah.

9. Bagaimana cara mengurangi risiko HP terkena air ketika sedang berenang?

Gunakan pouch atau tas kedap air untuk membawa HP ketika berenang, dan perhatikan agar HP tidak terjatuh ke dalam air.

10. Apakah ada cara untuk memastikan HP tidak akan terkena air?

Tidak ada jaminan 100% bahwa HP tidak akan terkena air. Namun, menghindari membawa HP ke tempat-tempat yang berisiko tinggi bisa mengurangi peluangnya terkena air.

11. Apakah ada baterai tanam yang tahan air?

Ada beberapa jenis baterai tanam yang tahan air, namun tidak semua HP dilengkapi dengan baterai seperti itu. Periksa spesifikasi HP sebelum membeli.

12. Apakah membuka HP sendiri untuk membersihkannya setelah terkena air aman dilakukan?

Tidak disarankan untuk membuka HP sendiri, karena bisa memperparah kerusakan atau bahkan membahayakan diri sendiri. Sebaiknya bawa ke service center untuk diperiksa.

13. Apakah ada cara untuk mengembalikan data yang hilang akibat HP terkena air?

Bisa, namun biasanya membutuhkan jasa recovery data khusus yang bisa cukup mahal. Lebih baik membuat backup secara rutin untuk menghindari kehilangan data yang berharga.

Kesimpulan

Hp yang terkena air baterai tanam memang menjadi momok yang menakutkan bagi pengguna smartphone. Namun, jika kita dapat mengatasi hal tersebut dengan tepat, maka hp kita masih dapat digunakan kembali tanpa harus membeli hp baru. Pertama-tama, jangan panik dan segera matikan hp tersebut untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. Kemudian, lepas baterai dan membiarkan hp kering secara alami. Setelah itu, kita dapat mencoba menghidupkan hp lagi dan melakukan pengecekan apakah hp tersebut sudah dapat digunakan kembali.

Tiap-tiap hp memiliki cara yang berbeda dalam membuka baterainya. Jika hp kita memiliki baterai yang terpasang secara permanen atau baterai tanam, kita dapat menyimpan hp tersebut dalam wadah yang berisi beras selama beberapa hari. Hal ini dapat membantu menyerap air yang masih tertinggal pada hp kita. Selain itu, kita juga dapat menggunakan hair dryer yang diset pada suhu rendah dan jangan terlalu dekat dengan hp. Hal ini dapat membantu mengeringkan hp kita secara perlahan. Namun diingat, hindari menggunakan air panas atau hair dryer pada suhu yang terlalu tinggi karena hal tersebut dapat merusak hp kita.

Penutup

Dalam mengatasi hp yang terkena air baterai tanam, yang terpenting adalah tidak panik dan melakukan tindakan yang tepat. Jangan mencoba menghidupkan hp tersebut sebelum hp tersebut benar-benar kering secara alami. Inilah yang membedakan antara keputusan yang tepat dan salah dalam mengatasi masalah tersebut. Jangan lupa untuk menghindari penggunaan air panas dan hair dryer yang terlalu dekat dengan hp kita. Jika kita tidak dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara yang mencoba dijelaskan, maka lebih baik membawa hp tersebut ke tukang servis untuk ditinjau secara lebih detail. Sekian artikel mengenai cara mengatasi hp yang terkena air baterai tanam. Terima kasih telah membaca dan sampai jumpa!

Leave a Comment