Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Disentuh dengan Mudah

Selamat datang di artikel yang akan membantu kamu mengatasi masalah yang sering terjadi pada smartphone yaitu HP yang tidak bisa disentuh. Masalah ini dapat terjadi akibat beberapa hal seperti kerusakan hardware, software, atau kesalahan penggunaan. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk, kita simak!

Langkah-langkah Mengatasi HP yang Tidak Bisa Disentuh

Mengatasi masalah HP yang tidak bisa disentuh sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan kamu mengikuti beberapa langkah-langkah yang tepat. Berikut adalah 12 langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

1. Restart HP

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan merestart HP. Biasanya, dengan merestart HP, masalah yang terjadi dapat teratasi dengan cepat. Caranya cukup mudah, tahan tombol power hingga muncul pilihan “Power Off” kemudian pilih “Restart”.

2. Periksa Layar Sentuh

Jika langkah pertama tidak berhasil, periksa apakah layar sentuh HP kamu dalam keadaan bersih atau tidak. Terkadang, debu atau kotoran pada layar sentuh dapat mengganggu sensitivitasnya. Bersihkan layar sentuh dengan kain microfiber yang lembut.

3. Periksa Kondisi Baterai

Kondisi baterai juga bisa menjadi penyebab HP tidak bisa disentuh. Jika baterai dalam keadaan lemah atau tidak mencukupi, touch screen HP mungkin tidak akan berfungsi dengan baik. Pastikan untuk mengisi daya baterai HP kamu hingga penuh.

4. Periksa Suhu HP

Jika HP kamu terlalu panas, touch screen juga bisa menjadi tidak responsif. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan yang terlalu lama atau saat HP sedang diisi dayanya. Biarkan HP kamu dingin terlebih dahulu sebelum menggunakannya lagi.

5. Nonaktifkan Aksesibilitas

Aplikasi aksesibilitas seringkali menjadi penyebab tidak berfungsinya layar sentuh HP. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa nonaktifkan aksesibilitas melalui pengaturan pada HP kamu.

6. Hapus Pelindung Layar

Memasang pelindung layar pada HP tentu saja merupakan hal yang baik untuk melindungi layarnya. Namun, pelindung layar yang rusak atau kotor juga bisa mempengaruhi sensitivitas layar sentuh. Coba lepas pelindung layar dan periksa apakah touch screen sudah berfungsi dengan baik.

7. Perbarui Sistem Operasi

Jika tidak ada kendala pada hardware, software mungkin menjadi penyebab HP yang tidak bisa disentuh. Pastikan untuk selalu memperbarui sistem operasi HP kamu agar selalu mendapat pembaruan dari developer.

8. Perbaiki Driver Layar Sentuh

Seiring waktu, mungkin driver pada HP kamu bisa rusak atau tidak mendukung sistem operasi yang digunakan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencari dan memperbarui driver HP sesuai dengan sistem operasi kamu.

9. Reset Pengaturan Pabrik

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan masalah masih terjadi, kamu bisa mencoba mereset pengaturan pabrik. Peringatan, reset pengaturan pabrik akan menghapus semua data pada HP kamu. Pastikan untuk backup data terlebih dahulu sebelum melakukan reset.

10. Periksa Komponen Hardware

Jika semua langkah di atas belum berhasil, kemungkinan besar masalah terletak pada hardware. Periksa komponen hardware seperti kabel fleksibel dan konektor layar sentuh. Jika kamu tidak yakin, bawa HP kamu ke service center resmi.

11. Ganti Layar Sentuh

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dan masalah masih terjadi, kemungkinan besar layar sentuh pada HP kamu rusak. Bawa HP kamu ke service center resmi untuk mengganti layar sentuh yang rusak.

12. Ganti HP Baru

Jika semua upaya sudah dilakukan tapi masalah masih terus terjadi, mungkin saatnya untuk mengganti HP dengan yang baru. Pastikan untuk mencari review dan memilih HP yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tips dan Trik Menghindari HP yang Tidak Bisa Disentuh

Untuk menghindari masalah HP yang tidak bisa disentuh, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan:

1. Selalu Menggunakan Casing Pelindung

Casing pelindung akan melindungi HP kamu dari kerusakan akibat jatuh atau benturan yang tidak sengaja terjadi.

2. Menggunakan Charger Asli

Menggunakan charger asli akan membantu menjaga kualitas baterai HP kamu.

3. Membersihkan HP Secara Berkala

Membersihkan HP secara berkala akan membantu menjaga kondisi hardware dan software HP kamu.

4. Tidak Men-download Aplikasi dari Situs yang Tidak Terpercaya

Pastikan untuk selalu men-download aplikasi dari situs yang terpercaya agar terhindar dari malware atau virus yang dapat merusak sistem pada HP kamu.

5. Menggunakan Antivirus

Menggunakan antivirus akan membantu mencegah serangan virus atau malware pada HP kamu.

6. Tidak Menjatuhkan atau Membanting HP

Selalu perlakukan HP kamu dengan baik dan jangan sampai menjatuhkannya atau membantingnya dengan sengaja.

7. Selalu Memperbarui Sistem Operasi

Perbarui sistem operasi pada HP kamu secara berkala agar selalu mendapatkan pembaruan dan tidak ada bugs yang dapat merusak sistem pada HP kamu.

8. Menggunakan Sarung HP

Selain menggunakan casing pelindung, kamu juga bisa menggunakan sarung HP yang akan melindungi HP kamu dari debu dan kotoran yang bisa merusak hardware pada HP kamu.

9. Tidak Menggunakan HP terlalu Lama

Menggunakan HP terlalu lama bisa membuat komponen hardware pada HP kamu terlalu panas dan akhirnya dapat merusak sistem pada HP.

10. Jangan Meninggalkan HP dalam Keadaan Terlalu Rendah

Jangan biarkan baterai pada HP kamu terlalu rendah karena hal ini akan mempengaruhi kualitas dan daya tahan dari baterai pada HP kamu.

Nah, itulah 12 langkah-langkah dan tips dan trik untuk mengatasi masalah HP yang tidak bisa disentuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu mengatasi masalah yang sering terjadi pada smartphone kamu.

Cara Mengatasi HP yang Tidak Bisa Disentuh: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Menghindarkan dari resiko kerusakan layar, karena pengguna tidak perlu menyentuh layar sama sekali.

2. Membuat pengguna tetap bisa mengoperasikan smartphone meskipun tangan sedang kotor, karena tidak perlu menyentuh layar secara langsung.

3. Menambah pengalaman baru dalam menggunakan smartphone, karena pengguna dapat menggunakan teknologi suara atau gestur untuk mengontrol perangkat.

4. Meningkatkan efisiensi penggunaan, karena akses ke aplikasi dan fitur dapat dilakukan dengan cepat dan mudah melalui perintah suara atau gestur.

5. Memberikan solusi untuk pengguna yang memiliki masalah pada layar sentuh atau kerusakan pada bagian lain dari smartphone.

6. Memfasilitasi pengguna yang berada di tempat atau kondisi yang tidak memungkinkan untuk menyentuh layar smartphone, seperti saat mengendarai kendaraan.

7. Menambah keamanan karena tidak semua orang bisa mengakses smartphone yang memiliki pengaturan layar yang memerlukan gestur atau suara tertentu.

8. Membantu mengurangi stres pada tangan atau pergelangan tangan, karena pengguna tidak perlu menyentuh layar secara langsung.

9. Membantu pengguna dengan gangguan otot atau jari untuk tetap dapat menggunakan smartphone.

10. Meningkatkan produktivitas dengan menghemat waktu dalam menavigasi atau menggunakan perangkat.

Kekurangan

1. Pengaturan voice command atau teknologi pengenalan suara seringkali tidak dapat membedakan antara suara pengguna dengan suara lingkungan atau suara lain, sehingga terkadang perintah yang diucapkan pengguna dapat salah dimengerti.

2. Teknologi pengenalan suara atau gestur masih belum sempurna dan masih rentan terhadap kesalahan.

3. Ada risiko privasi ketika menggunakan teknologi voice command, karena smartphone harus selalu siap untuk merespon suara yang diberikan pengguna.

4. Gagal melakukan update perangkat atau telah terinstal aplikasi yang tidak cocok dengan cara pengoperasian non-touchscreen.

5. Kelemahan pada system operasi bisa mengakibatkan aplikasi tidak kompatibel dengan pengoperasian non-touchscreen.

6. Cara pengoperasian non-touchscreen membutuhkan beberapa waktu untuk belajar agar pengguna dapat menguasainya sepenuhnya.

7. Meskipun tidak perlu menyentuh layar, pengguna tetap memerlukan alat pemecah masalah ketika ada kerusakan pada hardware lain di smartphone.

8. Harga perangkat non-touchscreen biasanya lebih mahal daripada smartphone biasa.

9. Pengguna mungkin lebih cenderung memilih cara operasi standar daripada non-touchscreen, terutama jika mereka sudah terbiasa.

10. Terkadang tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari penggunaan layar sentuh pada smartphone, terutama pada aplikasi dan fitur tertentu.

FAQ

1. Apa penyebab hp tidak bisa disentuh?

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan hp tidak bisa disentuh antara lain layar pecah, kesalahan software, ataupun dampak air maupun cairan lainnya.

2. Bagaimana cara mengetahui hp tidak bisa disentuh karena apa?

Jika layar hp pecah, biasanya akan terlihat fisiknya yang berupa retak atau goresan pada layar. Jika kesalahan software, hp akan terus mengalami masalah meski sudah di-restart atau di-reset. Sedangkan jika dampak air, biasanya hp tidak bisa disentuh hanya pada beberapa bagian layar saja.

3. Apa yang harus dilakukan jika hp tidak bisa disentuh akibat layar pecah?

Kamu bisa membawa hp kamu ke tempat reparasi untuk memperbaiki layar pecah, atau mengganti layarnya jika diperlukan.

4. Bagaimana cara mengatasi hp yang tidak bisa disentuh akibat software?

Coba restart hp atau reset kepengaturan pabrik. Jika masih terus bermasalah, kamu bisa membawa hp ke tempat reparasi atau ke pusat pelayanan hp terdekat.

5. Bagaimana cara mengatasi hp yang tidak bisa disentuh akibat air?

Kamu bisa membawa hp ke counter reparasi hp, atau mengirimkannya ke produsen hp atau distributor resmi untuk mendapatkan perbaikan/penggantian.

6. Apakah bisa diyakini hp yang tidak bisa disentuh bisa diperbaiki?

Ya, kebanyakan hp yang tidak bisa disentuh masih bisa diperbaiki tergantung kerusakannya.

7. Berapa biaya untuk memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh?

Harga untuk memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh bervariasi, tergantung merk hp dan kerusakan yang terjadi.

8. Apakah harus membawa hp ke service center resmi untuk diperbaiki?

Bisa, kamu bisa membawa hp ke service center resmi atau counter reparasi terpercaya untuk memperbaikinya.

9. Ke mana harus membawa hp jika masalahnya sudah teratasi?

Kamu bisa mengambil hp kamu langsung dari tempat reparasi atau service center resmi setelah masalah teratasi.

10. Apakah ada cara untuk mencegah hp tidak bisa disentuh?

Ya, kamu bisa menggunakan pelindung layar atau casing yang sesuai untuk melindungi hp dari kerusakan fisik. Selain itu, hindari juga memegang hp saat tangan dalam keadaan basah atau sedang mengonsumsi minuman.

11. Apa saja penyebab hp bisa mengalami kerusakan fisik?

Penyebab kerusakan fisik dapat disebabkan karena faktor penggunaan yang salah, jatuh, terkena air, gesekan, benturan, dan cairan lainnya.

12. Apakah kerusakan layar hp dapat memengaruhi kualitas pada layar?

Tentu saja, kerusakan layar hp akan memengaruhi kualitas tampilan pada layar dan mengganggu pengalaman pengguna.

13. Apakah penting melindungi hp agar tidak cepat rusak?

Sangat penting, karena dengan melindungi hp kamu bisa memperpanjang masa pakai hp kamu dan mengurangi biaya perbaikan atau penggantian akibat kerusakan fisik.

Kesimpulan

Kondisi hp yang tidak bisa disentuh seringkali terjadi pada beberapa pengguna. Namun, bahwa hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara praktis dan mudah. Beberapa faktor yang menyebabkan hp tidak bisa disentuh antara lain karena layar hp kotor, masalah software, dan kerusakan pada hardware.

Untuk membersihkan layar kotor, pengguna dapat menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi dengan sedikit air atau alkohol. Pengguna juga dapat membersihkan bagian-bagian kecil pada layar menggunakan cotton bud agar tampilan layar menjadi jernih dan responsif.

Jika masalah software menjadi penyebab hp tidak bisa disentuh, maka pengguna dapat mencoba untuk melakukan restart atau reset pada hp. Jika masalah terus terjadi, pengguna dapat meminta bantuan teknisi atau membawa hp ke pusat service terdekat untuk diperbaiki.

Sementara itu, jika masalahnya terletak pada hardware, terutama kerusakan pada layar hp, maka tidak akan bisa diatasi dengan mudah oleh pengguna biasa. Oleh karena itu, pengguna dapat mencoba untuk membawa hp ke pusat service atau mencari informasi yang lebih lanjut tentang apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layar hp yang rusak.

Penutup

Demikianlah beberapa cara sederhana dalam mengatasi hp yang tidak bisa disentuh. Penting untuk diingat bahwa ketika mengalami masalah seperti ini, pengguna harus sabar dan tidak langsung berusaha memperbaikinya sendiri. Memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh membutuhkan waktu dan ketelitian karena jika tidak diperhatikan dengan baik, bisa memperburuk kondisinya. Namun, jika masalah persisten, pastikan untuk membawa hp ke teknisi terdekat untuk diperbaiki agar hp tetap awet dan bisa digunakan untuk waktu yang lama.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih telah membaca artikel mengenai cara mengatasi hp yang tidak bisa disentuh.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Comment