Cara Mengatasi Jerawat Mendem dengan Mudah

Jerawat mendem atau jerawat yang tumbuh di bawah permukaan kulit seringkali menjadi masalah yang sulit diatasi. Jerawat mendem terkadang juga dikenal sebagai jerawat internal atau subkutan, dan biasanya lebih besar, lebih meradang, dan menyakitkan daripada jerawat biasa. Tidak semua orang memiliki jerawat mendem, tetapi bagi mereka yang mengalaminya, hal itu dapat sangat mengganggu dan merusak kepercayaan diri. Jangan khawatir, di artikel ini akan membahas cara mengatasi jerawat mendem dengan 12 langkah langkah yang mudah diikuti.

Langkah-langkah Mengatasi Jerawat Mendem

1. Menjaga Kebersihan Kulit

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan kulit. Pastikan Anda membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih wajah yang lembut untuk menghilangkan minyak, kotoran, dan sisa make-up di kulit wajah. Menjaga kebersihan kulit juga membantu mencegah jerawat dari tumbuh lebih banyak.

2. Gunakan Produk Skincare yang Sesuai

Pilihlah produk skincare, terutama pelembap dan sunscreen, yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Produk yang cocok membantu menjaga keseimbangan kulit dan mencegah munculnya jerawat baru.

3. Hindari Produk Kosmetik yang Mengandung Minyak

Produk kosmetik seperti foundation, bedak, atau blush on yang mengandung minyak dapat memperparah kondisi jerawat mendem. Gunakan produk kosmetik yang bebas minyak atau bertekstur ringan.

4. Jangan Memencet atau Menjepit Jerawat

Sangat penting untuk tidak memencet atau menjepit jerawat, terutama jerawat mendem. Hal ini dapat memperparah peradangan dan menyebarkan bakteri ke area sekitarnya.

5. Gunakan Produk Topikal yang Tepat

Produk topikal yang mengandung bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, atau retinoid dapat membantu mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan pada jerawat mendem.

6. Terapkan Kompres Hangat atau Dingin

Kompres hangat atau dingin dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada jerawat mendem. Caranya, basahi handuk kecil dengan air hangat atau dingin, kemudian tempelkan pada area yang terkena jerawat mendem selama 10-15 menit.

7. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang tinggi gula, lemak, atau pengawet dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Sebaliknya, makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah, kaya omega 3 seperti ikan salmon, atau kaya vitamin A seperti wortel dapat membantu mengatasi jerawat.

8. Hindari Stress Berlebihan

Stress berlebihan dapat meningkatkan produksi hormon yang berkontribusi terhadap timbulnya jerawat. Untuk mengatasi jerawat mendem, hindari stress berlebihan, dan lakukan activitas yang dapat merilekskan pikiran seperti yoga atau meditasi.

9. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah yang mengandung bahan seperti clay atau charcoal dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit.

10. Hindari Terpapar Sinar Matahari secara Berlebihan

Terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat memperparah kondisi jerawat. Selalu gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan hindari berada di bawah sinar matahari secara berlebihan.

11. Periksa ke Dokter Kulit

Jika jerawat mendem terus tumbuh atau tidak kunjung membaik, segera periksa ke dokter kulit. Biasanya dokter akan meresepkan obat topikal atau oral untuk membantu mengatasi jerawat.

12. Rutin Membersihkan Betadine

Menggunakan betadine untuk membersihkan jerawat yang sudah meradang adalah salah satu bentuk pencegahan utama karena betadine berfungsi sebagai antiseptik yang mampu menghancurkan bakteri dan mencegah infeksi. Rutin membersihkan betadine setelah mandi, cucian pakaian atau ketika akan mencuci wajah dianggap sangat baik dan efektif untuk menjaga kesehatan kulit.

Tips dan Trik Mengatasi Jerawat Mendem

1. Jangan Mencoba Menghilangkan Jerawat Mendem dengan Cara Paksa

Walau terlihat sangat mengganggu saat jerawat mendem tumbuh secara tiba-tiba, namun tidak disarankan untuk memaksa menghilangkan jerawat dengan cara sembarang. Hal ini malah akan memperkeruh situasi dan memperbesar risiko jerawat menjadi lebih besar.

2. Hindari Menggaruk Jerawat Mendem

->Jika jerawat mendem tumbuh di area wajah atau badan, sebaiknya tidak menggaruk, memencet atau menjepitnya karena akan menambah risiko infeksi pada kulit.<-

3. Hindari Makanan yang Mengandung Banyak Minyak

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak. Konsumsi vitamin dan mineral yang cukup serta kurangi konsumsi gula dan makanan olahan.

4. Gunakan Produk Skincare yang Mengandung Retinol

Produk Skincare yang mengandung retinol akan sangat membantu dalam mencegah dan menghilangkan jerawat dengan cepat.

5. Gunakan Teh Hijau sebagai Pembersih Wajah

Kandungan antioksidan dan antibakteri pada teh hijau sangat cocok untuk membantu membersihkan wajah dan mengatasi jerawat mendem.

6. Gunakan Produk Masker Madu

Produk masker madu sangat baik untuk mencegah dan merawat kulit yang rentan terkena jerawat. Selain dapat mencegah jerawat, madu juga membantu menghaluskan dan melembapkan kulit wajah.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih yang cukup akan bermanfaat bagi kesehatan kulit. Dengan memperbanyak minum air putih, kulit akan menjadi lebih segar, sehat, dan cerah.

8. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Terlalu sering memegang atau menyentuh wajah dapat memperparah kondisi jerawat mendem dan menyebarkan bakteri ke area kulit yang lain. Hindari kebiasaan ini dan rajin mencuci tangan agar wajah tidak terkontaminasi oleh bakteri.

9. Hindari Penggunaan Produk Skincare tidak Sesuai dengan Tipe Kulit

Menggunakan produk skincare yang tidak sesuai dengan tipe kulit dapat memperburuk kondisi jerawat mendem. Pastikan memilih produk skincare yang cocok dengan jenis kulit.

10. Hindari Terlalu Sering Memakai Produk Makeup

Hindari penggunaan make up berlebihan. Selain dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebihan, penggunaan makeup yang berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Jika memungkinkan, hindari penggunaan make up setiap hari.

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi, namun jerawat mendem dapat menjadi masalah yang lebih sulit diatasi. Dengan melakukan langkah-langkah sederhana dan praktis serta mengikuti tip dan trik di artikel ini, diharapkan dapat membantu mengatasi jerawat mendem dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Cara Mengatasi Jerawat Mendem: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

1. Jerawat mendem dapat diatasi dengan bahan alami seperti lidah buaya dan madu yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan sehari-hari.

2. Penggunaan bahan alami tidak menimbulkan efek samping seperti kemerahan dan iritasi pada kulit seperti penggunaan produk kimia.

3. Pengobatan jerawat mendem dengan cara alami lebih murah dan ekonomis dibandingkan dengan pengobatan dengan produk khusus.

4. Metode pengobatan alami lebih ramah lingkungan karena tidak menimbulkan limbah berbahaya.

5. Pengobatan jerawat mendem dengan cara alami dapat mengatasi masalah jerawat secara alami dari dalam tubuh tanpa meninggalkan bekas dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Kekurangan

1. Proses pengobatan jerawat mendem secara alami memerlukan waktu dan kesabaran karena hasilnya tidak dapat dilihat secara instan seperti penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan kimia.

2. Kadang-kadang cara pengobatan alami dapat menimbulkan reaksi yang berbeda pada setiap orang dan bisa saja terjadi alergi terhadap bahan alami tertentu.

3. Pengobatan jerawat mendem secara alami mungkin tidak efektif dalam mengatasi kasus jerawat yang parah yang membutuhkan perawatan medis secara intensif.

4. Beberapa bahan alami membutuhkan pemrosesan untuk diaplikasikan pada kulit, sehingga memerlukan waktu dan upaya lebih dalam persiapannya.

5. Metode pengobatan alami biasanya memerlukan lebih dari satu bahan dan kadang-kadang sulit untuk menemukan semua bahan yang dibutuhkan.

FAQ

1. Apa itu jerawat mendem?

Jerawat mendem adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jerawat yang tumbuh di bawah kulit dan sulit dikeluarkan.

2. Apa penyebab jerawat mendem?

Jerawat mendem disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, produksi sebum berlebih, atau adanya bakteri dalam pori-pori kulit.

3. Bisakah jerawat mendem sembuh dengan sendirinya?

Pada beberapa kasus, jerawat mendem dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi pada kasus yang parah, perlu intervensi pengobatan.

4. Apa pengobatan yang terbaik untuk jerawat mendem?

Pengobatan terbaik untuk jerawat mendem adalah perawatan kulit dengan produk yang mengandung bahan anti-inflamasi dan pembersih pori-pori.

5. Adakah bahan alami yang dapat membantu mengatasi jerawat mendem?

Teh hijau, minyak kayu putih, dan lidah buaya adalah beberapa bahan alami yang diketahui dapat membantu mengatasi jerawat mendem.

6. Apa yang harus dilakukan jika jerawat mendem semakin membengkak?

Jika jerawat mendem semakin membengkak, segera periksakan diri ke dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan mencegah infeksi yang lebih parah.

7. Bisakah jerawat mendem disumbat dengan pembersih wajah terlalu sering?

Pembersih wajah terlalu sering dapat membuat kulit kering dan iritasi, tetapi tidak dapat menyumbat jerawat mendem yang berada di bawah kulit.

8. Adakah obat jerawat mendem yang dapat dijual bebas?

Ada beberapa obat jerawat mendem yang dijual bebas, seperti benzoyl peroxide dan salicylic acid, tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum penggunaannya.

9. Apakah jerawat mendem dapat disebabkan oleh makanan tertentu?

Beberapa makanan tertentu, seperti makanan yang mengandung gula dan karbohidrat tinggi, dapat memicu jerawat mendem pada beberapa orang.

10. Apa dampak dari meremas jerawat mendem?

Merasa jerawat mendem dapat membuat infeksi semakin parah dan meninggalkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

11. Adakah perawatan kulit yang dapat mencegah jerawat mendem?

Perawatan kulit yang tepat, seperti pembersihan rutin, penggunaan produk non-komedogenik, dan menghindari kosmetik yang mengandung minyak, dapat membantu mencegah jerawat mendem.

12. Berapa lama pengobatan jerawat mendem biasanya membutuhkan waktu?

Waktu yang dibutuhkan untuk mengobati jerawat mendem tergantung pada tingkat keparahan dan respons dari perawatan, tetapi biasanya membutuhkan beberapa minggu hingga bulan.

13. Apakah pengobatan laser dapat membantu mengatasi jerawat mendem?

Pengobatan laser dapat membantu mengatasi jerawat mendem dengan merangsang produksi kolagen dan memperbaiki tekstur kulit, tetapi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk menjalani pengobatan tersebut.

Kesimpulan

Jerawat mendem merupakan kondisi wajah yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Jerawat ini sulit ditebak datangnya dan sulit menghilangkan bekasnya. Namun, kini Anda tahu bahwa cara mengatasi jerawat mendem bisa dilakukan dengan serangkaian langkah yang mudah. Pastikan menjaga kebersihan wajah, menghindari kulit terlalu kering maupun terlalu berminyak, serta menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kelembapan kulit. Kondisi jerawat mendem yang biasanya memakan waktu lama untuk sembuh, bisa teratasi dengan efektif apabila kita melakukan perawatan yang tepat.

Penutup

Sekarang, Anda telah mengetahui bagaimana cara mengatasi jerawat mendem dengan efektif. Perlu diingat bahwa kondisi jerawat mendem tidak bisa hilang dalam semalam, namun dengan perawatan yang rutin dan konsisten, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang berminyak serta menjaga kebersihan wajah sebelum tidur. Selama proses pengobatan, penting untuk tetap memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri. Bersikaplah tenang dan yakin bahwa jerawat mendem akhirnya akan hilang sepenuhnya. Sampai jumpa di artikel berikutnya ya!

Leave a Comment