Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Salam Pembaca, apakah kamu pernah mengalami masalah layar hp yang tidak bisa disentuh sama sekali? Tentunya, hal ini sangat mengganggu aktivitas kamu menggunakan ponsel. Layar yang tidak responsif dapat berasal dari berbagai faktor seperti kerusakan hardware, kerusakan software, atau hanya sekadar debu dan kotoran yang menumpuk di atasnya. Namun, jangan khawatir karena di artikel ini kita akan membahas cara mengatasi layar hp yang tidak bisa disentuh sama sekali.

Langkah-Langkah Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Langkah 1: Restart HP Anda

Penjelasan

Hal pertama yang dapat kamu coba untuk mengatasi layar hp yang tidak bisa disentuh adalah dengan merestart perangkat kamu. Kamu dapat melakukan hal ini dengan menekan tombol power yang berada di sisi atas atau samping hp. Tahan tombol tersebut selama beberapa detik hingga hp kamu mati dan kemudian nyalakan kembali.

Restart hp sebagai langkah awal ini cukup efektif karena dapat memperbaiki sejumlah masalah sederhana yang terjadi pada hp kamu. Selain itu, dengan merestart hp, kamu juga dapat memperbarui sistem operasi dan menghapus aplikasi yang menimbulkan masalah.

Langkah 2: Periksa Kabel Fleksibel

Penjelasan

Langkah selanjutnya adalah memeriksa kabel fleksibel yang terhubung ke layar hp. Di beberapa kasus, kabel fleksibel yang rusak atau putus dapat menjadi penyebab layar hp yang tidak responsif atau bahkan mati.

Untuk memeriksa kabel fleksibel, kamu perlu membuka casing belakang hp dulu. Jika kamu tidak yakin melakukan hal ini, sebaiknya minta bantuan dari teknisi handphone. Setelah membuka casing, periksa apakah kabel fleksibel terpasang dengan baik dan tidak ada kerusakan atau sobek.

Langkah 3: Bersihkan Layar dari Debu dan Kotoran

Penjelasan

Debu dan kotoran dapat menjadi masalah pada layar hp yang tidak bisa disentuh. Partikel-partikel ini bisa menghalangi sinyal yang diterima oleh layar, sehingga menyebabkan ketidakresponsifan layar.

Untuk membersihkan layar hp, kamu dapat menggunakan kain mikrofiber yang lembut dan kering. Jangan menggunakan air atau cairan pembersih lainnya yang keras karena dapat merusak lapisan pelindung di atas layar.

Langkah 4: Hapus Aplikasi Yang Menimbulkan Masalah

Penjelasan

Beberapa aplikasi yang terinstall di hp dapat menjadi penyebab layar tidak responsif. Jika masalah layar kamu muncul setelah menginstall aplikasi baru, kamu bisa mencoba menghapus aplikasi tersebut.

Untuk menghapus aplikasi di hp, kamu bisa membuka menu pengaturan dan pilih aplikasi. Kemudian, cari aplikasi yang menyebabkan masalah dan pilih “uninstall”. Setelah selesai, restart hp kamu dan lihat apakah layar sudah responsif kembali.

Langkah 5: Update Sistem Operasi

Penjelasan

Kerusakan pada sistem operasi dapat menjadi penyebab layar hp yang tidak responsif. Untuk memperbaikinya, kamu bisa melakukan update sistem operasi terbaru di hp kamu.

Untuk memeriksa pembaruan sistem operasi, kamu bisa membuka menu pengaturan dan pilih opsi “tentang perangkat”. Kemudian, pilih “updates” dan biarkan hp kamu mengecek pembaruan terbaru untuk sistem operasi.

Langkah 6: Reset ke Pengaturan Awal

Penjelasan

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah layar hp, kamu bisa mencoba untuk melakukan reset ke pengaturan awal. Langkah ini akan menghapus semua data dan aplikasi yang ada di hp kamu. Oleh karena itu, pastikan kamu sudah melakukan backup data terlebih dahulu.

Untuk melakukan reset ke pengaturan awal, kamu bisa membuka menu pengaturan dan pilih opsi “backup & reset”. Kemudian, pilih opsi “reset to factory settings” dan ikuti petunjuk yang ada di layar.

Langkah 7: Periksa Hardware HP

Penjelasan

Jika semua cara di atas masih belum dapat mengatasi masalah layar hp kamu, ada kemungkinan kerusakan pada hardware hp. Pada kondisi seperti ini, kamu sebaiknya membawa hp kamu ke layanan reparasi hp terpercaya.

Teknisi reparasi hp akan melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada hp kamu untuk mengetahui kerusakan hardware yang menyebabkan layar tidak responsif.

Langkah 8: Atur Ulang Layar

Penjelasan

Layar yang tidak responsif dapat disebabkan oleh gangguan perangkat keras atau software. Jika kamu tidak ingin membawa hp kamu ke teknisi atau mereset pengaturan awal, kamu bisa mencoba mengatur ulang layar hp.

Untuk mengatur ulang layar hp, kamu bisa membuka menu pengaturan dan pilih opsi “displays & sound”. Kemudian, pilih opsi “calibrate touch screen” dan ikuti petunjuk yang ada di layar.

Langkah 9: Periksa Sensor Layar Kamu

Penjelasan

Sensor layar di hp kamu dapat menjadi penyebab layar tidak responsif. Untuk memeriksa sensor layar, kamu bisa membuka menu pengaturan dan pilih opsi “sensor”. Kemudian, periksa apakah sensor layar kamu teratur dan bekerja dengan baik.

Jika sensor layar kamu tidak bekerja dengan baik, kamu bisa mencoba untuk memperbarui atau mengembalikan ke pengaturan default sensor layar.

Langkah 10: Bersihkan Cache Data

Penjelasan

Cache data dapat menjadi penyebab kerusakan sistem pada hp kamu. Jika cache data terlalu banyak atau rusak, bisa menyebabkan masalah pada layar tidak responsif.

Untuk membersihkan cache data, kamu bisa membuka menu pengaturan dan pilih opsi “storage”. Kemudian, pilih “cache data” dan bersihkan data cache yang sudah banyak terkumpul.

Langkah 11: Periksa Setting Developer Options

Penjelasan

Setting developer options dapat menyebabkan masalah pada layar hp. Jika kamu sudah mengaktifkan opsi developer options dan mengalami kerusakan layar, cobalah untuk menonaktifkan opsi developer options.

Untuk menonaktifkan developer options, kamu bisa membuka menu pengaturan dan pilih opsi “about phone”. Kemudian, pilih opsi “build number” beberapa kali hingga muncul tulisan “you are now a developer”. Setelah itu, kembali ke menu pengaturan dan pilih opsi “developer options”. Nonaktifkan opsi yang tidak kamu perlukan.

Langkah 12: Ganti Layar HP Kamu

Penjelasan

Jika semua cara di atas gagal mengatasi layar hp yang tidak responsif, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengganti layar hp kamu yang rusak atau cacat.

Pastikan kamu membawa hp kamu ke layanan reparasi hp terpercaya agar mendapatkan layar yang sesuai dan dapat dipasang dengan baik.

Tips dan Trik Tambahan

Tip 1: Lindungi Layar HP dari Debu dan Kotoran

Pasanglah pelindung layar untuk menghindari debu dan kotoran menempel di atas layar hp kamu.

Tip 2: Backup Data Secara Berkala

Lakukan backup data secara teratur agar data penting kamu tidak hilang jika kamu perlu melakukan reset pengaturan awal.

Tip 3: Install Aplikasi dari Sumber Terpercaya

Pastikan kamu menginstall aplikasi hanya dari sumber terpercaya untuk menghindari masalah pada hp kamu.

Tip 4: Jangan Pernah Membuka Casing HP Sendiri

Membuka casing hp bisa merusak hp kamu dan bahkan dapat menghilangkan garansi hp kamu.

Tip 5: Jangan Nge-root HP Kamu Jika Tidak Dibutuhkan

Melakukan rooting pada hp kamu dapat membuka pintu bagi virus dan malware.

Tip 6: Gunakan Casing yang Sesuai untuk HP Kamu

Gunakan casing yang sesuai dan dapat melindungi hp kamu dari debu dan goresan.

Tip 7: Matikan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Mematikan aplikasi yang tidak kamu gunakan dapat membantu menghemat daya baterai dan menjaga performa hp kamu.

Tip 8: Perbarui Aplikasi dan Sistem Operasi Secara Berkala

Perbarui aplikasi dan sistem operasi secara berkala untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kinerja hp kamu.

Tip 9: Jangan Menekan Layar Halus Terlalu Kuat

Menekan layar hp terlalu kuat dapat merusak lapisan pelindung di atas layar.

Tip 10: Jangan Lupa Melakukan Restart Setiap Sekali Sekali

Melakukan restart hp secara teratur dapat membantu menjaga kinerja hp kamu tetap optimal.

Itulah 12 langkah-langkah dan tips dan trik yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi layar hp yang tidak bisa disentuh sama sekali. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut dan menerapkan tips dan trik yang sudah disebutkan, kamu dapat mengoptimalkan kinerja hp kamu dan menghindari masalah pada layar hp di masa yang akan datang. Semoga artikel ini bermanfaat!

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali: Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:

1. Membantu memperbaiki kerusakan layar hp yang tidak bisa disentuh sama sekali.

2. Menghemat biaya penggantian layar yang mahal.

3. Bisa dilakukan sendiri tanpa perlu membawa hp ke tempat reparasi.

4. Dapat mengatasi kerusakan pada bagian layar yang tidak terlihat.

5. Dapat mengatasi kerusakan akibat virus atau kesalahan pengguna.

6. Tidak memerlukan keterampilan khusus untuk melakukannya.

7. Dapat diaplikasikan pada berbagai jenis hp.

8. Proses perbaikan cukup mudah dan tidak memakan waktu lama.

9. Mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut pada hp.

10. Memberikan kepuasan dan rasa bangga ketika berhasil memperbaiki hp sendiri.

Kekurangan:

1. Ada kemungkinan gagal dalam memperbaiki layar hp yang tidak bisa disentuh sama sekali.

2. Bisa merusak hp secara lebih parah jika tidak dilakukan dengan benar.

3. Tidak dapat mengatasi kerusakan pada bagian lain di luar layar hp.

4. Ada kemungkinan perbaikan tidak bertahan lama dan harus diulang dalam waktu yang tidak lama.

5. Bisa memerlukan akses ke bagian dalam hp yang perlu membuka bagian belakang atau melepas bagian tertentu.

6. Perbaikan hp tanpa ahli bisa menghilangkan garansi dari produsen.

7. Tidak semua orang memiliki waktu, keinginan, dan kemampuan untuk melakukan perbaikan layar hp sendiri.

8. Memerlukan alat atau instrumen khusus untuk melakukannya.

9. Tidak cocok untuk situasi darurat seperti hp harus segera digunakan.

10. Bisa menghabiskan waktu yang cukup lama apabila tidak terbiasa dengan perbaikan hp.

FAQ

1. Apa penyebab layar hp tidak bisa disentuh?

Penyebab layar hp tidak bisa disentuh dapat bervariasi, bisa karena kerusakan hardware atau software. Kadang-kadang kesalahan pengaturan atau kegagalan pembaruan sistem juga dapat mengakibatkan masalah ini.

2. Apa yang harus saya lakukan jika layar hp saya tidak bisa disentuh?

Pertama-tama, cobalah untuk mematikan hp dan hidupkan kembali. Jika masalah masih ada, coba bersihkan layar hp dan pastikan Anda tidak menggunakan pelindung layar atau sarung yang tidak cocok.

3. Apa itu kalibrasi layar dan bagaimana cara melakukan kalibrasi layar pada hp?

Kalibrasi layar adalah proses penyesuaian sensitivitas layar hp sehingga respons layarnya menjadi lebih baik. Untuk melakukan kalibrasi layar pada hp, pergi ke pengaturan layar dan pilih opsi kalibrasi layar.

4. Apa yang harus saya lakukan jika layar hp saya rusak?

Jika layar hp rusak, Anda harus membawanya ke pusat perbaikan atau pusat layanan resmi merek hp Anda. Mereka akan memiliki teknisi yang terlatih untuk mengganti atau memperbaiki layar hp Anda.

5. Apa yang harus saya lakukan jika layar hp saya kehabisan daya?

Jika layar hp Anda kehabisan daya, pastikan untuk mengisi daya segera. Sambungkan hp Anda ke adaptor listrik atau powerbank yang dapat mengisi daya baterai.

6. Bagaimana cara membersihkan layar hp dengan benar?

Cara terbaik untuk membersihkan layar hp adalah dengan menggunakan kain lembut dan bersih yang tidak akan meninggalkan serat pada layar. Gunakan sedikit air atau cairan pembersih yang dirancang khusus untuk layar hp jika perlu.

7. Apakah ada cara untuk memperbaiki layar hp yang tergores?

Jika layar hp Anda tergores, biasanya tidak mungkin memperbaikinya sendiri. Anda dapat membawanya ke pusat layanan resmi hp untuk meminta saran atau memperbaiki layar secara profesional.

8. Bagaimana cara menghindari layar hp dari kerusakan?

Untuk menghindari kerusakan layar hp, pastikan Anda tidak menjatuhkannya atau menindihnya. Selain itu, hindari juga mengggunakan yang kasar atau benda tajam pada layar hp.

9. Apa yang harus saya lakukan jika layar hp saya mengalami masalah setelah pembaruan sistem?

Jika Anda mengalami masalah pada layar hp setelah pembaruan sistem, cobalah untuk memeriksa pembaruan baru yang tersedia. Jika tidak ada, reboot atau ulangi pembaruan sistem.

10. Apakah ada aplikasi yang dapat membantu memperbaiki layar hp yang rusak?

Tidak ada aplikasi yang dapat memperbaiki layar hp yang rusak secara maksimal. Meskipun demikian, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah layar seperti touch screen booster atau touch screen repair.

11. Apakah saya dapat mengganti layar hp secara mandiri?

Jika Anda tidak ahli dalam memperbaiki hp, sebaiknya Anda tidak mencoba mengganti layar hp secara mandiri. Ini dapat merusak ponsel atau bahkan dapat membahayakan bagi Anda yang tidak terlatih dalam hal ini.

12. Apa yang harus saya lakukan jika layar hp pada sudut tertentu tidak berfungsi?

Jika layar hp pada sudut tertentu tidak berfungsi, kemungkinan besar ada masalah dengan kabel fleksibel di dalam hp. Anda harus membawanya ke pusat layanan resmi untuk memperbaikinya.

13. Apa yang harus saya lakukan jika kerusakan layar hp saya tidak dapat diperbaiki?

Jika kerusakan layar hp Anda tidak dapat diperbaiki, anda harus membeli layar pengganti atau kemungkinan besar harus membeli hp baru.

Kesimpulan

Mungkin semua orang pernah mengalami masalah saat layar HP tidak bisa disentuh sama sekali. Tanpa akses ke layar sentuh, Anda tidak dapat menggunakan perangkat smartphone Anda seperti biasa. Ada beberapa alasan mengapa ini bisa terjadi, seperti masalah software dan hardware. Namun, jangan khawatir, Anda mungkin dapat memperbaikinya dengan mengikuti tips yang telah disebutkan di atas.

Pertama-tama, coba beberapa langkah sederhana seperti membersihkan layar, melepas kembali baterai, atau merestart perangkat Anda. Jika itu tidak berhasil, Anda dapat mencoba memperbarui perangkat lunak atau mengembalikan pengaturan pabrik. Pilihan terakhir adalah membawa HP ke pusat perbaikan atau menggantinya dengan yang baru.

Jadi, tidak perlu panik ketika layar HP tiba-tiba tidak bisa disentuh. Coba beberapa solusi sederhana dan jika masih tidak berhasil, Anda selalu dapat meminta bantuan dari teknisi yang kompeten. Dalam semua kasus, penting untuk mengikuti instruksi dengan hati-hati, menghindari penggunaan perangkat dalam kondisi yang tidak memungkinkan, dan mempertahankan perangkat pasca-perbaikan dengan cara yang baik untuk mempertahankan kinerja yang optimal.

Penutup

Jika layar HP Anda tidak bisa disentuh, jangan panik. Ada beberapa cara untuk memperbaikinya sendiri, seperti membersihkan layar, melepas baterai, atau merestart perangkat. Jika itu tidak berhasil, coba memperbarui perangkat lunak atau mengembalikan pengaturan pabrik. Jangan ragu untuk membawa HP Anda ke pusat perbaikan jika Anda memerlukan bantuan tambahan. Ingatlah selalu untuk menggunakan perangkat dalam kondisi yang optimal dan dengan metode yang benar untuk memastikan kinerja yang optimal. Sampai jumpa!

Leave a Comment