Cara Mengatasi Tangan Sering Kesemutan

Sering merasa kesemutan pada tangan bisa menjadi hal yang sangat mengganggu, terutama ketika sedang bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Banyak orang yang mengalami hal ini, dan seringkali tidak mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas tentang cara mengatasi tangan sering kesemutan.

Langkah-langkah

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, termasuk pada tangan. Dengan melakukan olahraga secara teratur, Anda dapat membantu memperlancar aliran darah pada tangan dan mencegah terjadinya kesemutan.

2. Hindari posisi yang sama dalam waktu yang lama

Menghindari posisi yang sama dalam waktu yang lama juga dapat membantu mengurangi risiko kesemutan pada tangan. Ini sangat penting jika Anda bekerja di depan komputer atau menghabiskan banyak waktu untuk duduk atau berdiri.

3. Ganti posisi tangan secara teratur

Selain menghindari posisi yang sama dalam waktu yang lama, Anda juga sebaiknya mengganti posisi tangan secara teratur. Hal ini dapat membantu mengurangi tekanan pada saraf pada tangan dan mengurangi risiko kesemutan.

4. Beristirahat secara teratur

Jika Anda sering menggunakan tangan dalam kegiatan sehari-hari atau dalam pekerjaan Anda, sebaiknya beristirahat secara teratur. Beristirahat sejenak dapat membantu mengurangi tekanan pada tangan dan mencegah terjadinya kesemutan.

5. Hindari menggendong benda yang terlalu berat

Menggendong benda yang terlalu berat juga dapat menyebabkan kesemutan pada tangan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menghindari menggendong benda yang terlalu berat atau membagi beban dengan tangan yang lain.

6. Gunakan alat bantu jika diperlukan

Jika pekerjaan atau kegiatan sehari-hari Anda memerlukan penggunaan tangan secara terus-menerus, sebaiknya Anda menggunakan alat bantu seperti mouse atau keyboard ergonomic untuk mengurangi risiko kesemutan.

7. Perbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan tekanan pada saraf pada tangan dan menyebabkan kesemutan. Oleh karena itu, pastikan untuk memperbaiki postur tubuh Anda agar tidak membahayakan kesehatan tangan.

8. Pijat tangan secara teratur

Pijat tangan secara teratur juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada tangan dan mengurangi risiko kesemutan.

9. Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan sirkulasi darah pada tangan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk mengurangi risiko kesemutan.

10. Hindari konsumsi alkohol dan merokok

Alkohol dan merokok dapat menyebabkan masalah sirkulasi darah dan menyebabkan kesemutan pada tangan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan merokok untuk menjaga kesehatan tangan.

11. Konsultasi dengan dokter jika perlu

Jika kesemutan pada tangan Anda terus terjadi dan tidak kunjung membaik meskipun sudah melakukan langkah-langkah di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Ada beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kesemutan pada tangan, dan dokter dapat membantu mengatasi kondisi tersebut.

12. Lakukan tes kesehatan

Jika Anda sering mengalami kesemutan pada tangan, sebaiknya Anda melakukan tes kesehatan untuk mengetahui penyebabnya. Tes tersebut dapat meliputi pemeriksaan saraf dan tes ketahanan pernapasan.

Tips dan Trik

1. Jangan terlalu lama menekan tombol mouse atau keyboard.
2. Hindari menggunakan telepon dalam waktu yang lama.
3. Lakukan peregangan pada tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah bekerja.
4. Gunakan gelombang panas dan dingin untuk meredakan sakit tangan.
5. Jangan memakai perhiasan yang terlalu ketat pada tangan.
6. Hindari menggenggam benda terlalu lama.
7. Pakai bantal atau bantalan tangan saat tidur.
8. Lakukan teknik relaksasi seperti meditasi untuk mengurangi stres yang dapat menyebabkan kesemutan.
9. Hindari duduk dengan kaki bersilang untuk mencegah kesemutan pada tangan dan kaki.
10. Banyak minum air putih untuk menjaga kesehatan sirkulasi darah.

Demikianlah 12 langkah-langkah dan tips cara mengatasi tangan sering kesemutan yang dapat Anda terapkan. Dengan melakukan langkah-langkah di atas secara konsisten, Anda dapat membantu mencegah terjadinya kesemutan pada tangan dan menjaga kesehatan sirkulasi darah. Tetap perhatikan kesehatan dan rajin berolahraga secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara Mengatasi Tangan Sering Kesemutan: Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan

1. Mudah Dilakukan

Cara mengatasi tangan sering kesemutan sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan di mana saja. Anda tidak perlu pergi ke dokter atau ahli terapis untuk melakukannya.

2. Biaya Rendah

Hampir seluruh cara mengatasi tangan sering kesemutan tidak mengeluarkan biaya yang besar. Anda hanya perlu membeli peralatan kecil seperti bola penggosok dan bantalan gel.

3. Tidak Menggunakan Obat

Cara mengatasi tangan sering kesemutan tidak memerlukan obat, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang efek samping yang dapat terjadi.

4. Mencegah Penyakit Lainnya

Melakukan cara mengatasi tangan sering kesemutan dapat mencegah terjadinya penyakit lainnya seperti carpal tunnel syndrome, rheumatoid arthritis, atau neuropati.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Tangan sering kesemutan dapat mengganggu kualitas tidur, dengan melakukan cara mengatasi tangan sering kesemutan, maka kualitas tidur Anda akan meningkat.

Kekurangan

1. Tidak Menjaga Energi Tubuh

Banyak cara mengatasi tangan sering kesemutan yang tidak melibatkan aktivitas yang mengeluarkan banyak energi tubuh, sehingga kurang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Tidak Cepat Memberikan Hasil

Seperti kebanyakan cara pengobatan alami lainnya, cara mengatasi tangan sering kesemutan tidak memberikan hasil yang cepat, sehingga Anda harus bersabar untuk melihat hasilnya.

3. Tidak Efektif untuk Kasus Terparah

Cara mengatasi tangan sering kesemutan mungkin tidak efektif untuk kasus terparah seperti patah tulang, cedera serius pada otot dan ligamen, dan tumor otak.

4. Kesulitan dalam Menemukan Penyebab Pasti

Tangan sering kesemutan sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti cedera, arthritis, atau diabetes, sehingga sulit untuk menemukan penyebab pastinya.

5. Bisa Memakan Waktu

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam mengatasi tangan sering kesemutan, maka Anda harus melakukannya secara rutin dan teratur, sehingga bisa memakan waktu yang cukup lama.

FAQ

1. Kenapa tangan saya sering kesemutan?

Tangan kesemutan biasanya terjadi karena adanya tekanan pada saraf yang terdapat di pergelangan tangan atau di pangkal lengan atas. Tekanan tersebut bisa disebabkan oleh posisi yang salah saat tidur, cedera pada saraf atau bahkan penyakit lainnya.

2. Apa yang bisa saya lakukan untuk mencegah tangan kesemutan?

Untuk mencegah tangan kesemutan, pastikan Anda menghindari posisi tangan yang terlalu lama berada di atas kepala atau di bawah badan. Selain itu, hindari terlalu sering memutar pergelangan tangan dan pastikan juga Anda tidak terlalu lama bekerja menggunakan komputer atau gadget.

3. Apakah terapi fisik dapat membantu mengatasi tangan kesemutan?

Terapi fisik dapat membantu mengatasi tangan kesemutan tergantung pada penyebabnya. Terapi fisik yang umum dilakukan adalah fisioterapi atau terapi okupasi yang difokuskan pada memperbaiki gerakan dan kekuatan otot pada area yang terkena.

4. Bisakah tangan kesemutan karena diabetes?

Ya, tangan kesemutan bisa menjadi gejala dari diabetes. Kondisi ini terjadi karena kadar gula dalam darah yang tinggi bisa merusak saraf. Oleh karena itu, penderita diabetes harus memperhatikan kadar gula darahnya untuk terhindar dari kerusakan saraf.

5. Apa yang sebaiknya dilakukan jika tangan kesemutan?

Jika tangan kesemutan, sebaiknya Anda menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan dan mengistirahatkan tangan untuk sementara waktu. Posisikan tangan dalam posisi yang nyaman dan lakukan gerakan peregangan untuk mengurangi tekanan pada saraf.

6. Apakah tangan kesemutan bisa disembuhkan?

Tangan kesemutan bisa disembuhkan tergantung pada penyebabnya. Jika penyebabnya adalah masalah temporer seperti tekanan pada saraf akibat posisi yang salah saat tidur, maka tangan kesemutan dapat disembuhkan dengan mudah. Namun, jika penyebabnya adalah penyakit lain, maka pengobatan harus dilakukan secara menyeluruh.

7. Apakah perlu minum obat untuk mengatasi tangan kesemutan?

Tidak selalu perlu minum obat untuk mengatasi tangan kesemutan. Namun, jika penyebabnya adalah peradangan atau kerusakan saraf, dokter akan meresepkan obat antiinflamasi atau penghilang nyeri untuk membantu mengurangi gejala.

8. Bisakah tangan kesemutan menjadi gejala stroke?

Tidak selalu. Tangan kesemutan bisa menjadi gejala stroke jika terjadi masalah pada otak atau pembuluh darah di otak. Namun, tangan kesemutan belum tentu menjadi gejala stroke.

9. Apakah olahraga dapat membantu mengatasi tangan kesemutan?

Ya, olahraga dengan intensitas yang sesuai dapat membantu mengatasi tangan kesemutan dengan meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat otot di sekitar saraf yang terpengaruh.

10. Apakah penggunaan keyboard dan mouse dapat menyebabkan tangan kesemutan?

Ya, penggunaan keyboard dan mouse yang berlebihan bisa menyebabkan tangan kesemutan. Pastikan Anda mengatur posisi dan cara penggunaan keyboard serta mouse yang nyaman agar tidak menimbulkan tekanan pada saraf.

11. Apakah tangan kesemutan bisa memicu rasa cemas?

Iya, tangan kesemutan bisa memicu rasa cemas pada sebagian orang karena membayangkan bahwa penyebabnya adalah masalah serius seperti stroke atau penyakit lainnya.

12. Apakah terapi akupunktur dapat membantu mengatasi tangan kesemutan?

Terapi akupunktur dapat membantu mengatasi tangan kesemutan tergantung pada penyebabnya. Terapi ini bekerja dengan merangsang titik akupunktur di tubuh untuk memperbaiki sirkulasi darah dan menurunkan tekanan pada saraf.

13. Kapan sebaiknya saya berkonsultasi dengan dokter untuk masalah tangan kesemutan?

Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika tangan kesemutan tidak hilang dalam waktu beberapa hari atau jika disertai dengan gejala lain seperti sakit kepala, kesulitan bergerak atau bahkan kehilangan kendali atas tangan. Jangan ragu untuk memeriksakan diri karena segera mendapatkan perawatan dapat mencegah masalah yang lebih serius.

Kesimpulan

Tangan sering kesemutan memang bisa terjadi pada siapa saja, namun kita bisa mengatasi hal ini dengan beberapa cara. Pertama, yaitu dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat seperti melakukan olahraga secara rutin, menghindari stres, dan mengonsumsi makanan sehat. Kedua, yaitu dengan melakukan gerakan-gerakan peregangan sederhana untuk mengaktifkan peredaran darah pada tangan. Ketiga, menghindari posisi yang membuat tangan tertekan atau terlalu sering melakukan aktivitas dengan tangan dalam jangka waktu lama. Keempat, mengonsultasikan dokter jika tangan sering kesemutan terus menerus, apalagi disertai dengan gejala lain seperti lemah, kesulitan merangkai kata atau kelemahan pada lengan dan kaki bagian bawah.

Penutup

Selain dapat diatasi dengan cara-cara di atas, kita juga dapat menghindari tangan sering kesemutan dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, makan makanan berlemak, serta duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama. Mari kita jaga kesehatan tangan kita agar tetap optimal untuk melakukan berbagai aktivitas yang kita suka. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Comment