Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu merasa terganggu dengan jerawat yang muncul di wajahmu? Jerawat memang menjadi musuh bagi kecantikan dan kepercayaan diri seseorang. Banyak jenis jerawat yang muncul pada wajah, dan masing-masing jenis memiliki penyebab dan cara penanganan yang berbeda. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis jerawat tersebut dan cara mengatasinya.

Langkah-Langkah untuk Mengatasi Jerawat

1. Rajin mencuci wajah

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk mengatasi jerawat adalah dengan rajin mencuci wajah. Lakukan ini minimal dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulitmu, untuk mempercepat penghilangan jerawat. Jangan gunakan sabun mandi atau sabun batangan biasa karena kandungan di dalamnya tidak cocok untuk wajahmu.

2. Makan sehat

Jika ingin menghilangkan jerawat, maka kamu harus mulai memperhatikan pola makanmu. Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan makanan yang terlalu pedas. Makanan yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah seperti fast food dan minuman bersoda juga perlu dihindari. Sebaliknya, konsumsilah makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral, seperti buah-buahan, sayuran, ikan, dan kacang-kacangan.

3. Hindari menyentuh wajah

Terbiasa menyentuh wajah atau memencet jerawat justru membuat kondisi jerawatmu semakin parah. Kuman dari tanganmu atau alat yang digunakan dapat memperparah kondisi jerawat. Cobalah untuk menjauhkan tanganmu dari wajah, dan pergunakan facial tissue atau handuk yang bersih saat membersihkan wajah.

4. Hindari stres

Stres tidak baik untuk kesehatan dan juga tidak baik untuk kulitmu. Ketika stres, tubuh akan menjalankan sistem pertahanan diri. Hal ini dapat memicu produksi hormon androgen yang dapat memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, cobalah menjalani hidup dengan tidak terlalu banyak stres untuk membantu mengurangi munculnya jerawat.

5. Jangan gunakan kosmetik yang berlebihan

Makeup dapat membuat kamu tampil lebih cantik, tetapi kosmetik yang berlebihan dapat memperburuk kondisi jerawat. Gunakanlah kosmetik secukupnya dan pilih kosmetik yang tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Hindari penggunaan foundation dan bedak tebal karena dapat menyumbat pori-pori kulitmu yang berpotensi membuat jerawat lebih banyak.

6. Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah membantu mengatasi jerawat. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan keringat yang membantu membersihkan kotoran pada pori-pori kulit. Selain itu, olahraga juga membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, termasuk ke wajah sehingga dapat membantu meremajakan kulit wajah.

7. Pilih pelembap yang tepat

Pilihlah pelembap wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pelembap yang baik bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih pada wajah yang dapat memicu munculnya jerawat. Selain itu, hindari pemakaian produk yang mengandung alkohol atau wewangian yang terlalu kuat.

8. Gunakan obat jerawat

Jika kamu sering mengalami jerawat, cobalah penggunaan obat jerawat yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Pilihlah produk yang mengandung bahan alami seperti sulfur atau asam salisilat yang dapat membantu mengeringkan jerawat dan meredakan peradangan. Namun, hindari penggunaan obat jerawat yang mengandung bahan kimia berbahaya dan gunakan sesui petunjuk penggunaan.

9. Periksakan ke dokter spesialis kulit

Jika jerawatmu sudah sangat parah, sebaiknya periksakan ke dokter spesialis kulit. Dokter dapat memberikan kamu obat jerawat yang lebih kuat dan membantu menjaga kondisi kulitmu. Dokter juga dapat melakukan perawatan wajah seperti facial atau peeling wajah yang dapat membantu mengatasi jerawat dengan hasil yang lebih optimal

10. Hindari rokok dan alkohol

Jangan salah, kedua zat ini juga berdampak buruk pada kulitmu terutama jika kamu seorang perokok. Hal ini disebabkan oleh nikotin pada rokok mengurangi kadar oksigen dan nutrisi pada kulit wajah sehingga produksi minyak pada kulit wajah meningkat yang dapat memicu munculnya jerawat. Sementara alkohol dapat merusak lapisan pelindung kulit akibat pengaruh dari etanol.

11. Jangan gosok jerawat

Saat kamu menemukan jerawat di wajah, cobalah untuk tidak menggaruk atau memencetnya. Hal ini justru akan membuat jerawatmu makin parah, mudah meradang dan meninggalkan bekas memar di wajah. Cobalah untuk menunggu jerawat tersebut hilang dengan sendirinya atau menggunakan bahan alami yang dapat membantu mengatasi jerawat.

12. Istirahat dengan cukup

Ketika manusia tidur, tubuh akan meresapkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh terutama bagian wajah sehingga dapat menghindari munculnya jerawat. Kurang tidur dapat meningkatkan kadar hormon yang memicu produksi minyak pada kulit wajah dan mempercepat munculnya jerawat. Ibu Hamil, anak-anak atau remaja sebaiknya mendapatkan waktu tidur lebih banyak untuk membantu proses pembersihan kulit.

Tips dan Trik Terbaik Mengatasi Jerawat

1. Konsumsi air yang cukup

Air adalah zat yang sangat penting bagi tubuh, termasuk kulitmu. Konsumsilah air secukupnya untuk menjaga keseimbangan kandungan air pada tubuhmu sehingga kulitmu tetap lembap dan sehat. Water is one of the most essential substances for your body, including your skin. Drink enough water to keep your body hydrated and your skin moisturized and healthy.

2. Menghindari penggunaan barang-barang bersih dengan orang lain

Penggunaan alat pribadi yang sama seperti handuk atau sprei bisa menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat. Cobalah untuk menggunakan barang pribadi seperti barang mandi yang berbeda dari yang dipakai orang lain. Walaupun dalam satu keluarga agar terhindar dari penyebaran kuman dan bakteri yang mengakibatkan jerawat.

3. Gunakan masker wajah yang tepat

Gunakanlah masker wajah sesuai dengan jenis kulitmu. Jangan gunakan masker dengan waktu yang terlalu lama. Pilihlah masker natural yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan masker wajah tapi cobalah pilih waktu yang tepat untuk menggunakannya.

4. Hindari paparan sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber energi yang baik bagi tubuh kita, tetapi sinar matahari juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulitmu. Sinar UV dapat menimbulkan jerawat dan membuat bekas jerawatmu semakin parah. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari terutama pada waktu yang tidak tepat untuk meminimalisir kerusakan yang terjadi pada kulit wajahmu. Cobalah untuk menggunakan tabir surya setiap kali keluar rumah.

5. Perbanyak mengkonsumsi sayuran yang mengandung banyak vitamin A

Sayuran yang mengandung banyak vitamin A adalah salah satu cara untuk mengatasi jerawat. Vitamin A memiliki kandungan retinoid yang baik untuk kulit yang dapat membantu produksi sel-sel baru pada kulitmu sehingga mengurangi munculnya jerawat. Contohnya adalah ubi jalar, wortel, tomat, dan bayam.

6. Terapkan lifestyle yang sehat

Menerapkan lifestyle yang sehat seperti rutin berolahraga, tidak merokok, dan istirahat yang cukup tentu akan berdampak baik pada kulitmu. Dalam menjalankan hidup yang sehat, kamu harus tetap memperhatikan pola makan sehingga kulitmu tetap sehat dan lembab.

7. Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, maka kamu juga harus menemukan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Cobalah untuk membeli produk perawatan wajah yang sudah teruji secara klinis dan aman digunakan untuk semua jenis kulit.

8. Rajin mencuci barang-barang yang sering disentuh wajahmu

Seringkali kamu tidak menyadari bahwa ada banyak benda yang sering disentuh dan digunakan untuk menyentuh wajah. Barang-barang seperti handphone, helm, dan bantal bisa mengandung bekas makeup, debu atau kotoran yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Rajin mencuci barang-barang tersebut untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri yang menyumbat pori-pori kulit wajahmu.

9. Gunakan minyak esensial

Minyak esensial bisa membantu meredakan peradangan pada jerawatmu. Beberapa jenis minyak esensial yang direkomendasikan untuk mengatasi jerawat adalah minyak tea tree, minyak lavendel, dan minyak chamomile. Sebelum menggunakan, tetap perhatikan petunjuk penggunaannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

10. Jangan panik dan bersabar

Jerawat memang sangat mengganggu, tetapi jangan panik dan bersabarlah dalam mengatasi jerawatmu. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda dalam mengatasi jerawat, sehingga diperlukan proses yang tidak instan. Bersabarlah dalam menjalankan beberapa tips di atas dan yakinlah bahwa jerawatmu akan hilang dengan sendirinya.

Jenis Jerawat dan Cara Mengatasinya

Kelebihan

1. Mengetahui jenis jerawat yang sedang dialami dapat membantu dalam pemilihan produk perawatan yang tepat.

2. Mengenal cara mengatasi jerawat dengan tepat dapat membantu mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat baru di wajah.

3. Mengetahui jenis jerawat membantu mencegah terjadinya infeksi dan mencegah kulit tergores.

4. Dengan mengetahui cara mengatasi jerawat yang tepat, wajah dapat tetap sehat dan cantik tanpa adanya bekas jerawat yang mengganggu.

5. Penggunaan produk yang sesuai dengan jenis jerawat dapat membantu mempercepat pemulihan kulit dan mengurangi peradangan.

6. Mengatasi jerawat dengan tepat dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri seseorang dalam berinteraksi dengan orang lain.

7. Mengetahui jenis jerawat dapat membantu dalam menilai seberapa parah kondisi jerawat pada wajah.

8. Dengan mengetahui cara mengatasi jerawat, orang dapat melakukan perawatan kulit sendiri tanpa harus pergi ke dokter.

9. Memahami cara mengatasi jerawat secara alami dapat membantu menghindari efek samping dari produk perawatan jerawat yang mengandung bahan kimia.

10. Mengetahui cara mengatasi jerawat dapat membantu dalam memahami faktor pemicu jerawat dan mencegah jerawat muncul kembali.

Kekurangan

1. Banyak orang merasa kesulitan menentukan jenis jerawat yang sedang dialami jika belum pernah mengalami jerawat sebelumnya.

2. Menemukan produk perawatan yang tepat dapat memakan waktu dan biaya yang cukup besar.

3. Terkadang, cara mengatasi jerawat yang dianggap tepat belum tentu sesuai dengan kondisi kulit masing-masing individu.

4. Beberapa produk perawatan dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisi jerawat pada beberapa orang.

5. Mencoba berbagai produk perawatan yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan meninggalkan bekas jerawat.

6. Beberapa jenis jerawat memerlukan penanganan dari dokter spesialis dan tidak bisa diatasi dengan cara mengatasi jerawat secara mandiri.

7. Memilih produk perawatan yang tidak tepat dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan rusak.

8. Seringkali, mengetahui jenis jerawat memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang kulit dan penanganan jerawat.

9. Cara mengatasi jerawat yang tepat kadang-kadang memerlukan pengorbanan dalam hal waktu dan biaya.

10. Mengetahui jenis jerawat dan cara mengatasi jerawat saja tidak cukup untuk membuat kulit wajah sehat, perawatan kulit secara umum perlu diterapkan secara rutin.

FAQ

1. Apa itu jerawat?

Jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan bintil merah kecil atau benjolan putih kecil yang muncul di wajah, leher, dan bagian-bagian tubuh lainnya. Jerawat terjadi ketika folikel rambut di kulit tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

2. Apa saja jenis jerawat?

Ada beberapa jenis jerawat, yaitu:

  • Jerawat komedo yang terbagi menjadi komedo terbuka dan komedo tertutup
  • Jerawat papula
  • Jerawat pustula
  • Jerawat nodul
  • Jerawat sistik

3. Apa yang menyebabkan jerawat?

Penyebab jerawat bermacam-macam, antara lain:

  • Produksi minyak berlebih pada kulit
  • Penumpukan sel kulit mati pada folikel rambut
  • Infeksi bakteri
  • Faktor hormonal
  • Makanan dan minuman tertentu
  • Stres

4. Bagaimana cara mengatasi jerawat?

Berikut beberapa cara mengatasi jerawat yang dapat dilakukan:

  • Cuci wajah secara teratur dengan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit
  • Hindari memencet atau menggaruk jerawat
  • Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan anti jerawat, seperti benzoyl peroxide atau salicylic acid
  • Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu jerawat

5. Apa yang harus dilakukan ketika jerawat terus muncul meskipun sudah melakukan perawatan?

Jika jerawat terus muncul meskipun sudah melakukan perawatan, sebaiknya konsultasikan ke dokter atau ahli kecantikan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit.

6. Apakah jerawat dapat disembuhkan sepenuhnya?

Tidak ada penanganan yang bisa menjamin jerawat hilang sepenuhnya, tetapi dengan perawatan yang tepat jerawat dapat dikendalikan.

7. Apakah membentuk kebiasaan mencuci wajah setiap hari dapat membantu mencegah jerawat?

Iya, mencuci wajah secara teratur dapat membantu membersihkan kulit dari kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

8. Apa saja hal yang perlu dihindari agar jerawat tidak semakin parah?

Beberapa hal yang perlu dihindari untuk mencegah jerawat semakin parah antara lain:

  • Memencet atau menggaruk jerawat
  • Menggunakan kosmetik yang berat dan dapat menyumbat pori-pori
  • Menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok atau terlalu keras untuk kulit
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan

9. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah jerawat kembali muncul?

Untuk mencegah jerawat kembali muncul, perlu dilakukan perawatan kulit secara teratur dan berkala, menghindari faktor pemicu jerawat, serta menjaga pola hidup yang sehat.

10. Mengapa jerawat sering muncul di area tertentu, seperti dagu atau hidung?

Jerawat sering muncul di area tertentu seperti dagu atau hidung karena area tersebut memiliki kelenjar minyak yang lebih banyak sehingga lebih mudah tersumbat.

11. Apakah scrub wajah dapat membantu mengatasi jerawat?

Scrub wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori, tetapi jika digunakan terlalu sering atau terlalu keras dapat merusak kulit dan memperparah kondisi jerawat.

12. Akankah penggunaan obat-obatan jerawat dapat menimbulkan efek samping?

Beberapa obat jerawat dapat menimbulkan efek samping seperti kemerahan, kulit kering, dan iritasi kulit. Jika mengalami efek samping yang tidak terduga, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

13. Apakah pola makan dapat mempengaruhi kondisi kulit dan jerawat?

Iya, pola makan yang tidak sehat dapat memperburuk kondisi jerawat. Hindari makanan yang digoreng, berlemak, dan berkalori tinggi serta makan lebih banyak buah dan sayuran.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali mengalami masalah jerawat di wajah. Jerawat sendiri memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda. Beberapa jenis jerawat yang sering ditemukan di wajah antara lain jerawat pustula, jerawat whitehead, jerawat blackhead, dan jerawat cystic. Cara mengatasinya pun berbeda sesuai dengan jenis jerawat yang muncul. Namun, beberapa cara umum untuk mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan menghindari stres yang berlebihan.

Jerawat merupakan masalah kulit wajah yang sangat meresahkan, terutama bagi wanita. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui jenis-jenis jerawat, kita dapat memilih produk perawatan kulit yang tepat dan menghindari kesalahan pengobatan yang sering terjadi pada jerawat. Sebagai contohnya, jika kita memiliki jerawat pustula, sebaiknya jangan mencoba memerasnya karena hal tersebut dapat menyebabkan infeksi dan bahkan meninggalkan bekas luka pada wajah.

Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat pada wajah. Pertama, hindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu munculnya jerawat seperti makanan berlemak dan bersantan. Kedua, hindari stres yang berlebihan karena stres dapat memicu munculnya jerawat pada wajah. Ketiga, jangan menggosok atau menggaruk-garuk wajah dengan tangan karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan merusak lapisan pelindung kulit wajah.

Penutup

Jadi, sudah pahamkan tentang jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya ya, pembaca? Ketahuilah bahwa jerawat memang merupakan masalah yang sering ditemui pada wajah, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Dengan menjaga kebersihan wajah, menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, dan menerapkan tips yang sudah disebutkan di atas, maka masalah jerawat pada wajah akan dapat diatasi. Sekian dari saya, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave a Comment